Sukses

Sex & Health

Telinga Gatal, Ternyata Ini 3 Sebabnya

Bintang.com, Jakarta Telinga kadang memang terasa gatal. Hal ini merupakan masalah yang paling sering banyak orang alami. Mungkin, kamu biasanya akan langsung menggunkan pembersih telinga atau cuttonbuds.

Selain membantu menghilangkan rasa gatal di bagian dalam telinga, cuttonbuds juga sekalian bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga. 

Biasanya, rasa gatal ini memang timbul karena banyak kotoran yang ada di dalam sana. Selain itu, dilansir dari UT Health, juga bisa disebabkan karena infeksi jamur. 

Dalam kasus-kasus tertentu, telinga gatal juga bisa disebabkan karena adanya psoriasis dan juga dermatitis. Alergi terhadap makanan atau juga musim dan cuaca juga bisa menyebabkan telinga gatal, lho! 

Tapi, sepertinya kamu harus berhati-hati. Soalnya, rasa gatal ini sebenarnya bisa saja menjadi tanda kalau kamu mengalami infeksi atau trauma. Terus, bagaimana cara menghilagkannya?

2 dari 2 halaman

Hilangkan Gatal dengan Obat

Jangan 'menggaruk' area telinga bagian dalam dengan cuttonbuds hanya karena gatal. Karena, alat ini meskipun terlihat lembut dan aman bisa saja masuk terlalu dalam. Atau juga melukai area dalam telinga sehingga infeksi menjadi lebih parah. 

Selain itu, lebih baik kamu pergi ke dokter THT untuk memeriksakan apa sebenarnya penyebab telinga gatal. Biasanya, dokter kemudian akan memberikan obat tetes untuk meredakan rasa gatal dan mengobati infeksi. 

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana