Sukses

Sex & Health

Jangan Heran Kalau Suami Menangis Usai Bercinta

Bintang.com, Jakarta Banyak suami yang heran ketika melihat istrinya menangis usai bercinta. Air mata kadang tak bisa dibendung saat kamu selesai melakukan hubungan intim dengan suami. Ini wajar, kok! 

Soalnya, sebagian perempuan mengalami perubahan hormon pada saat terangsang dan melakukan hubungan seksual. Perubahan itu kadang membuat perempuan menangis dan merasa sedih. 

Anehnya, banyak perempuan yang nggak tahu kenapa merasa sedih bahkan sampai menangis usai bercinta. Lebih anehnya lagi, hal ini nggak cuma dialami para istri. Tapi juga para suami. 

Liputan6 menulis, hal ini disebut postcoital dysphoria (PCD). PCD merupakan kondisi sedih, mudah marah, cemas bahkan menangis usai bercinta. 

Sebuah riset yang dilakukan para peneliti dari Queensland University of Technology di Australia menunjukkan kalau ternyata hampir setengah dari responden mengaku pernah mengalami kondisi ini. 

Penelitian tersebut, dilansir dari Liputan6, melibatkan 1.208 laki-laki dari Australia, Sleandia Baru, Inggris, Amerika Serikat, Rusia, dan Jerman. Lantas, apa yang para penderita PCD rasakan?

2 dari 2 halaman

Apa yang Mereka Rasakan?

Laki-laki yang mengidap PCD ini biasanya merasa tak ingin disentuh dan meminta sang istri untuk meninggalkannya sendiri. Salah satu peneliti Profesor Robert Schwitzer, mengatakan penemuan ini menunjukkan sisi lain dari kehidupan seksual yang jarang orang tahu. 

Namun, para peneliti belum tahu penyebabnya. "Kami belum mampu memahami penyebab pria bisa mengalami PCD. Spekulasi kami, hal ini terkait multifaktor, termasuk faktor biologis dan psikologis," katanya, seperti dikutip dari Liputan6. 

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana