Sukses

Sex & Health

Dahi Berkerut, Tanda Penyakit Jantung?

Bintang.com, Jakarta Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling berbahaya dan bahkan dinobatkan sebagai pembunuh nomor satu, diikuti dengan penyakit kanker. Gangguan kesehatan jantung tak melulu diderita orang yang sudah berumur. 

Tapi juga anak-anak muda yang berusia masih 20 atau 30-an tahun. Penyakit jantung ini juga identik dengan gaya hidup tak sehat, seperti jarang berolahraga, makan makanan cepat saji, dan juga banyak lemak jahat. 

Selain itu, Prevention menulis, penyakit ini kadang nggak memunculkan tanda pada tahap awal. Ketika gangguan pada jantung sudah lebih parah, biasanya baru muncul tanda seperti rasa nyeri pada dada kiri dan sering kesemutan. 

Tapi, ternyata ada tanda lain yang terlihat secara fisik, yaitu kerutan pada dahi. Liputan6 menulis memiliki kerutan di dahi merupakan pertanda peringatan dini masalah jantung. 

Hal ini sebenarnya merupakan hasil penelitian yang dipresentasikan di konferensi European Society of Cardiology. Penelitian tersebut juga menunjukkan kerutan dahi seperti apa yang menandakan penyakit jantung kronis. 

2 dari 2 halaman

Orangtua dengan Kerutan di Dahi

Penelitian tersebut juga menunjukkan, orang dewasa yang memiliki kerutan di dahi memiliki risiko meninggal lebih cepat. Risikonya, bagi mereka 10 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki kerutan halus di dahi. 

Nah, kalau kamu nggak ada kerutan di dahi, penelitian tersebut menunjukkan kalau kamu masih aman dan jantung masih sehat. Namun, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kesehatan jantungmu. 

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana