Sukses

Sex & Health

Diet Sukses: 3 Tanda Kamu Kurang Protein Saat Diet

Bintang.com, Jakarta Ada beberapa jenis nutrisi yang nggak boleh ketinggalan, apa pun jenis diet yang sedang kamu jalani. Salah satunya protein. Health Line menulis, hal ini dikarenakan protein sangat penting untuk seluruh sel dan organ tubuh. 

Nggak heran, pasalnya, protein dibutuhkan untuk membangun otot, kulit, enzim, dan bahkan hormon. Jadi, protein memang sangat penting untuk jaringan dalam tubuh. 

Untungnya, hampir semua makanan mengandung protein. Tapi, banyak orang yang melakukan diet yang terlalu membatasi jumlah atau porsi makan. Atau juga kurang menambahkan ragam makanan ke dalam menu dietnya. 

Alahasil, tubuh mereka kekurangan protein. Kondisi ini, Health Line menulis, disebut dengan protein deficiency. Meskipun kondisi ini jarang, namun tetap saja orang-orang yang melakukan diet rentan berada di kondisi ini. 

Terus, gimana caranya kamu tahu kalau kamu kekurangan protein? Media tersebut mengungkapkan, paling nggak ada 3 tanda yang bakal muncul atau terlihat. 

2 dari 4 halaman

Edema

Protein bukan cuma terkandung dalam daging merah. Tapi juga ada banyak makanan yang menjadi sumber protein. Masalahnya, karena kurang memilih makanan yang beragam, biasanya akan muncul edema. 

Edema merupakan kondisi di mana kulit membengkak, yang disebabkan karena kurangnya albumin. Nah, albumin ini merupakan protein yang paling banyak di cairan darah atau plasma darah. 

3 dari 4 halaman

Liver Berlemak

 

Selain itu, tanda selanjutnya adalah liver yang diselimuti dengan lemak atau disebut dengan fatty lover. Kalau kondisi ini nggak segera ditangani, akan bisa berkembang menjadi penyakit liver. 

Penyakit ini bisa menyebabkan inflamasi. Inflamasi ini kalau tak ditangani akan berubah menjadi gagal liver. 

4 dari 4 halaman

Kulit dan Rambut Kering

Kekurangan protein juga bisa terlihat dari tampilan fisik. Seperti kulit dan rambut yang kering. Banyak orang mengira mengoleskan pelembab bisa mengatasi kondisi ini. 

Padahal, kedua hal ini merupakan tanda kalau kamu perlu menambah asupan protein ke dalam menu dietmu. 

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana