Sukses

Sex & Health

Terkenal Menyehatkan, Ini 3 Efek Samping dari Minyak Kelapa

Bintang.com, Jakarta Minyak kelapa selama ini dikenal dengan minyak alami yang memliki segudang manfaat. Namun, siapa sangka ternyata minyak alami yang sering digunakan untuk masak dan bermanfaat untuk kecantikan memiiki efek samping yang harus kamu waspadai. 

Biasanya, minyak kelapa digunakan untuk menghaluskan kulit. Banyak orang yang mengaplikasikannya pada kulit wajah. Atau juga pada kulit kepala dan rambut. 

Sayangnya, Liputan6 menulis, minyak kelapa ini tak begitu baik untuk kesehatan kulit jika terlalu sering kamu pakai. Soalnya, minyak kelapa meskipun alami tanpa campuran lain, bisa menutup pori-pori kulit. 

Sehingga, komedo dan jerawat muncul kalau kamu nggak bisa membersihkannya. Selain itu, pada kult kepala, pemakaian minyak kelapa yang terlalu sering bisa menyebabkan build up atau menimbun sisa produk perawatan rambut. 

Nah, build up inilah yang sering dikira ketombe oleh banyak orang. Selain tak baik untuk kesehatan kulit, minyak kelapa juga nggak baik untuk beberapa hal seperti di bawah ini. 

2 dari 3 halaman

Makeup Remover

Selain tak baik untuk kulit wajah yang dibiarkan semalaman, minyak kepala murni juga nggak baik untuk dijdikan penghilang makeup atau makeup remover. 

Pasalnya, tulis Liputan6, minyak kelapa bisa menyebabkan kulit wajah lebih berminyak. Memang, makeup akan mudah hilang dan terhapus. Namun, kulit akan menjadi lebih lengket. Mungkin, kamu harus mencuci wajahmu kembali setelah menghapus makeup menggunakan minyak alami ini. 

3 dari 3 halaman

Rambut Kusut

Minyak kelapa sering sekali dibuat sebagai moiturizer untuk rambut. Bahkan, banyak juga orang yang mengaplikasikannya pada rambut setelah keramas. 

Namun, pemakaian yang berlebih bisa membuat rambut justru menjadi kusut dan berminyak. Jadi, kalau kamu tetap ingin menggunakan minyak kepala, pastikan kamu sudah mengaplikasikan leave in conditioner terlebih dahulu biar rambut nggak kering dan kusut. 

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana