Sukses

Sex & Health

4 Hal yang Wajib Ada dalam Kotak P3K

Bintang.com, Jakarta Bukan cuma pada saat bepergian, memiliki kota P3K di rumah atau di dalam mobil pribadi merupakan sebuah keharusan. Soalnya, kecelakaan tak hanya terjadi di perjalanan, tapi juga di dalam dan sekitar rumah. 

Tapi masalahnya, kotak P3K ini berguna tak hanya pada saat kecelakaan terjadi. Tapi juga berguna sebagai pertolongan pertama pada saat virus atau penyakit tiba-tiba menyerang. 

Liputan6 menulis, selain lengkap, kotak P3K nggak boleh menyimpan obat yang mudah kadaluarsa. Selain itu, setiap obat yang sudah habis harus langsung diisi kembali agar tak kehabisan. 

Sayangnya, sebagian orang nggak terlalu aware dengan kelengkapan kotak obat ini. Sebenarnya, para dokter dan ahli menyarankan untuk melengkapi obat-obatan. 

Namun, kalau nggak bisa dan dirasa nggak perlu, paling nggak kamu tetap memiliki kotak P3K. Meskipun nggak lengkap, berikut 4 obat-obatan yang wajib ada di dalamnya. 

2 dari 5 halaman

Antiseptik

Jangan anggap remeh antiseptik. Meski kamu jarang terluka, antiseptik sangat penting, lho! Soalnya, kamu nggak tahu kapan kecelakaan dan luka akan terjadi. 

Liputan6 menulis, ketika kamu terluka jangan langsung dibebat dengan perban, kapas, kasa, atau plester. Tapi bersihkan dulu luka dari debu dan kuman menggunakan antisepyik berbentuk balm, atau juga cairan. Hal ini bisa mencegah terjadinya infeksi dan timbuknya nanah pada luka. 

3 dari 5 halaman

Spray Pereda Nyeri

Bukan cuma atlet yang sering merasa nyeri dan pegal-pegal pada otot. Kamu yang bekerja seharian dan banyak berjalan pun juga pasti sering merasakan ini. 

Selain itu, kamu yang rutin berolahraga juga mungkin sering merasakan nyeri dan pegal, khususnya pada kaki dan lengan. Nah, spray ini bisa bikin kamu merasa lebih baik. 

4 dari 5 halaman

Penghilang Rasa Sakit

Jangan juga lupa dengan penghilang rasa sakit. Penghilang rasa sakit ini berguna buat kamu yang mengalami pusing, sakit kepala, dan juga cramps di perut. Kalau rasa sakitnya sangat mengganggu hingga nggak bisa melakukan aktivitas, obat ini sangat berguna. 

Tapi, penghilang rasa sakit akan bekerja sesuai dengan namanya. Jadi, cuma bisa menghilangkan rasa sakit itu sendiri. Artinya, obat ini nggak bisa menyembuhkan penyakit.  

5 dari 5 halaman

Obat Alergi

Kamu memiliki alergi debu, dingin, dan perubahan cuaca? Atau bahkan alergi makanan? Nah, kamu sebaiknya sedia obat anti alergi sebagai pertolongan pertama. 

Soalnya, alergi kadang datang tiba-tiba dan membuatmu nggak bisa beraktivitas. Makanya, obat anti alergi ini penting banget, lho!

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana