Sukses

Sex & Health

Air Rebusan Daun Ini Bisa Cegah Kanker

Bintang.com, Jakarta Banyak orang yang memilih jalan perawatan dari dokter dan klinik agar jauh dari penyakit, terutama penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, seperti kanker

Namun, banyak juga orang yang memilih pengobatan dan perawatan alami atau herbal. Soalnya, selain harga lebih murah, perawatan ini juga alami dan nggak akan menimbulkan berbagai efek samping. 

Seperti pencegahan kanker menggunakan air rebusan berbagai daun, salah satunya daun sirsak. Dilansir dari Liputan6, air rebusan daun sirsak ini sudah lama dikenal sebagai bahan herbal mujarab yang bukan cuma mencegah tapi juga mengobati kanker. 

Hello Sehat menulis, daun yang juga dikenal dengan graviola memiliki sifat antikanker. Bukan cuma sembarang kepercayaan orang dulu, tapi hal ini ternyata sudah dilakukan berbagai pengujian, salah satunya sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Cancer Prevention. 

Penelitian tersebut, tulis Hello Sehat, menunjukkan kalau daun sirsak mengandung zat annonaceous acetogenins yang menghambat perkembangan sel kanker. Selain itu, juga ada penelitian lain dari Universty of Nebraska Medical Center yang menunjukkan kalau daun sirsak bisa menghambat sel kanker payudara.

2 dari 2 halaman

Jangan Sembarang Pilih

Kalau kamu nggak mau merebus daun sirsak sendiri, kamu bisa memilih suplemen. Tapi, Hello Sehat menyarankan untuk nggak sembarangan memilih suplemen daun sirsak. 

Soalnya, buat pasien yang sudah menjalani kemoterapi, hal ini cukup berbahaya. Pasalnya, temuan-temuan penelitian di atas itu masih membutuhkan sokongan peneltian lebih lanjut. 

Jadi, jangan sembarangan, ya! Sebelum memilih suplemen, lebih baik kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana