Sukses

Sex & Health

Batuk Nggak Sembuh-sembuh, Waspada 2 Penyakit Serius Ini

Bintang.com, Jakarta Flu, demam, dan batuk memang tiga penyakit yang paling sering datang dan pergi. Meski tanpa obat atau pergi ke dokter, kamu biasanya bakal sembuh sendiri setelah beberapa hari. 

Asal, kamu menjaga kesehatan dengan banyak istirahat, minum lebih banyak air mineral, dan juga makan makanan sehat dan bergizi. Namun, kadang batuk tak juga mereda meski kamu sudah mencoba berbagai cara untuk meredakannya. 

Batuk yang nggak sembuh-sembuh ternyata nggak boleh kamu biarkan begitu saja. Soalnya, ternyata batuk yang tak kunjung sembuh ini bisa jadi salah satu tanda penyakit-penyakit yang cukup serius. 

Dilansir dari salah satu media nasional, ini 2 penyakit serius yang ditandai dengan batuk tak kunjung sembuh: 

1. Pertusis

Atau juga disebut dengan batuk rejan. Batuk jenis ini pasti sering kamu dengar. Tapi, tahukah kamu kalau pertusis sangat menular lantaran disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru-paru dan pernapasan. 

Tanda-tandanya selain batuk yang nggak sembuh-sembuh, antara lain pilek dan juga demam. 

 

 

1 dari 2 halaman

2. Kanker Paru-paru

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Chest, ternyata ada 60 persen pasien kanker paru-paru mengalami batu kronis yang nggak sembuh-sembuh. Bahkan, satu-satunya gejala kanker ini adalah batuk. 

Makanya, kalau batuk sudah berlangsung lebih dari dua minggu tapi juga belum reda, lebih baik kamu periksakan diri ke dokter. Apa lagi kalau batuk sudah mengeluarkan darah, suara menjadi serak, lendir berwarna, dan juga disertai nyeri di dada. 

  • Batuk-batuk merupakan refleks tubuh untuk membersihkan saluran napas dari lendir atau bahan penimbul iritasi lain seperti debu atau asap.
    Batuk-batuk
  • Batuk rejan, atau juga dikenal dengan pertusis, merupakan salah satu jenis infeksi saluran pernafasan yang mudah menular.
    Batuk Rejan
  • Penyakit Parah
Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana