Sukses

Sex & Health

Awas Darah Tinggi Kumat, Ini 3 Tips Agar Tetap Makan Nikmat Saat Lebaran

Bintang.com, Jakarta Di hari Lebaran yang penuh suka cita ini, kamu pasti sedang berkumpul bersama keluarga. Saling bercengkrama dan bermaaf-maafan rasanya kurang lengkap tanpa hidangan khas Idul Fitri. 

Mulai dari makanan ringan dan kue kering seperti kue putri salju, biji ketapang, dan lain-lain. Nah, saat siang nanti, kamu dan kerabat pasti langsung makan sajian khas Lebaran. 

Ketupat, sayur pepaya, opor ayam, daging semur, dan lain sebagainya pasti sudah bikin kamu nggak sabar untuk menyantapnya. Tapi, buat kamu yang punya hipertensi atau darah tinggi, sebaiknya berhati-hati! 

Hampir semua makanan khas Lebaran nggak bisa kamu makan, lho! Soalnya, mengandung banyak santan, olahan daging, lemak, yang bisa bikin darah tinggi kambuh. 

Duh, kalau nggak makan makanan khas itu rasanya Lebaran memang jadi hambar, ya? Jangan khawatir, girls. Soalnya, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, agar kamu tetap bisa makan makanan enak saat merayakan Idul Fitri

1 dari 4 halaman

1. Hindari Daging, Makan Ikan Saja!

Jangan sedih nggak bisa makan daging gulai atau juga rendang. Kamu bisa mencari makanan lain yang bisa menjadi teman ketupat. 

Misalnya saja ikan bakar! Ikan ini aman dikonsumsi kamu yang memiliki darah tinggi. Selain dibakar, kamu juga bisa menyayur ikan, tanpa menggunakan santan. 

2 dari 4 halaman

2. Hindari Es Sirup, Ganti dengan Yogurt

Kalau kamu bertamu ke tetangga, biasanya akan disuguhkan teh atau juga es sirup. Namun, karena mengandung kadar gula yang sangat tinggi, sebaiknya kamu menghindari sirup. 

Kalau bisa, ganti dengan yogurt rendah lemak atau susu rendah lemak. Memang jadi ribet, apa lagi kalau di rumah tetangga atau saudara nggak terbiasa mengonsumsi susu dan yogurt rendah lemak. Kalau kamu tetap mau sehat, mungkin kamu bisa beli sendiri atau bawa dari rumah saat berlebaran ke rumah saudara. 

3 dari 4 halaman

3. Kacang Masih Boleh, Lho

Jangan pusing karenga kedua alternatif di atas agak nggak berasa Lebarannya.  Karena, kalau kondisi dan keadaan agak sulit untuk mencari pengganti makanan khas Lebaran, kamu masih bisa menikmati camilan khas Lebaran yang satu ini. 

Ya, kacang goreng! Kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatanmu, dan juga bisa meredam tekanan darah agar tak melonjak lebih tinggi. Namun, seperti dilansir dari Prevention, kacang goreng baik untuk kesehatan selama nggak mengandung garam atau juga bumbu lain. 

Kamu juga bisa memilih edamame, kacang almon, dan kacang lainnya, lho! Nggak harus kacang tanah! Selamat menikmati hidangan khas Lebaran, dan jangan lupa jaga kesehatan. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana