Sukses

Sex & Health

Diet Sukses: 3 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Tambah Gemuk

Bintang.com, Jakarta Tinggal dua hari lagi, umat Muslim akan merayakan Idul Fitri. Selain saling memafkan dengan sesama orang terdekat, Lebaran juga identik dengan silaturahmi. Nah, biasanya, silaturahmi ini pasti akan diramaikan dengan makanan-makanan khas Lebaran. 

Mulai dari ketupat, sayur pepaya, rendang, semur, hingga kue-kue kering yang lezat dan manis. Semua hidangan ini memang sangat enak dan bikin kamu nggak sabar untuk menyambut Idul Fitri tahun depan. 

Nah, karena asyik mengobrol dan saling beramah-tamah, kamu kadang lupa kalau semua makanan khas ini banyak mengandung karbohidrat. 

Makanya, nggak heran, ya, kamu sering banget jadi lebih gemuk setelah liburan Lebaran. Bukan, bukan cuma makan opor dan juga kue kering, tapi ada beberapa makanan yang selalu ada di hampir setiap rumah keluarga yang merayakan Lebaran, yang jadi biang kerok lemak menumpuk di tubuhmu. 

1. Ketupat

Ketupat sebenarnya seperti lontong, cuma cara memasak dan bentuknya saja yang berbeda. Artinya, ketupan sebenarnya sama saja dengan nasi putih yang kaya akan karbohidrat, tapi nggak ada serat. Nah, karena lapar usai solat Ied, kamu mungkin bisa nambah beberapa kali saat makan ketupat bersama sanak saudara. Ini nih, yang bikin kamu tambah gemuk, apa lagi terus-terusan makan banyak ketupan selama seminggu ke depan. 

2 dari 3 halaman

2. Daging Merah

Biasanya, setiap rumah akan memasak rendang, semur, sajian lainnya yang berbahan utama daging merah. Makanan ini memang super lezat dan bikin kamu ketagihan.

Tapi sayang, semua makana olahan daging ini nggak ada seratnya. Selain itu, penggunaan santan juga bisa bikin kamu tambah gemuk, tulis Prevention. 

3 dari 3 halaman

3. Sirup

Minuman sirup dingin memang bisa menghilangkan dahaga. Apa lagi usai berkeliling untuk bersilaturahmi dengan tetangga dan keluarga. Cuaca yang terik memang bisa bikin kamu haus bukan kepalang. 

Nah, biasanya, di hampir setiap rumah, minuman yang disuguhi adalah es sirup. Sayangnya, terlalu banyak minum minuman yang mengandung banyak gula sangat nggak baik untuk kesehatan dan juga berat badanmu. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana