Sukses

Sex & Health

Kenapa Tiba-tiba Kamu Susah Buang Air Besar?

Bintang.com, Jakarta Meskipun tak sakit, pernahkah kamu mengalami kesulitan saat buang air besar? Banyak orang yang bingung karena sembelit kadang datang tiba-tiba dan nggak ada gejala. 

Padahal sebenarnya, nggak ada penyakit yang datang tiba-tiba, termasuk sembelit. Dilansir dar WebMD, sembelit pasti ada penyebabnya. 

Mungkin, kamu merasa nggak salah makan. Namun, pasti ada penyebab yang pasti kenapa kamu jadi sulit buang air besar. Dilansir dari WebMD, sembelit justru memiliki banyak gejala. 

Antara lain, pergerakan usus yang sedikit pada saat BAB, kamu harus nongkrong agak lama sampai merasa ingin poop, ada rasa kalau feses belum keluar, dan perut yang kembung atau buncit. 

Gejala terakhir yaitu feses yang keras. Meskipun sudah struggle banget saat duduk di atas kloset, kamu tetap sulit buang air besar. Dan yang keluar cuma feses kecil. Terus, apa penyebabnya?

1 dari 3 halaman

Kurang Minum

Sulit BAB juga bisa disebabkan karena kurang minum air mineral. Nah, buat kamu yang kebiasaan minum minuman berwarna dan berperasa, mungkin harus menguranginya. 

Coba dengan minum lebih banyak air putih. Paling nggak, 8 gelas sehari, lho! Jangan malas! Karena kurang cairan tubuh bisa membuat feses mengeras dan akhirnya susah dikeluarkan. 

2 dari 3 halaman

Kurang Makan Sayur

Sayur juga sama pentingnya dengan air mineral. Serat yang terkandung dalam sayuran membantu memperlancar BAB, lho! Makanya jangan makan sayuran kalau nggak mau BAB keras. 

Buat kamu yang nggak suka sayuran, jangan menggantinya dengan serat buatan yang diproduksi dalam bentuk serbuk. Karena, serat yang akan bikin BAB lancar dan tubuh sehat adalah serat alami dari sayur dan buah-buahan. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana