Sukses

Sex & Health

Diet Sukses: Selain Es Teh, Ini 3 Menu Buka Puasa Nikmat yang Nggak Sehat

Bintang.com, Jakarta Es teh manis memang menjadi pelega dahaga di siang bolong. Bahkan, pada saat kamu buka puasa dan sahur pun es teh manis nggak pernah ketinggalan. Habis, es ini murah meriah dan mudah dibuatnya. Plus, rasa haus langsung hilang. 

Lebih nikmat lagi ketika kamu menikmati pecel ayam atau lele pedas saat makan malam dan dilengkapi denga es teh manis. Tapi sayang, nggak semua yang nikmat-nikmat itu baik untuk kesehatan, girls. 

Dilansir dari Halo Sehat, minum es teh manis setelah makan bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Seperti memicu anemia, menghambat penyerapan zat besi, penyebab bayi lahir cacat, dan juga menimbulkan depresi pasca melahirkan. 

Selain itu, buat kamu yang merasa dahaga tersembuhkan dengan minuman ini, sebenarnya kamu justru memperparah rasa haus. Karena es teh manis memicu timbulnya dehidras. 

Soalnya, rasa segar yang kamu rasakan sebenarnya cuma sementara. Nah, selain es teh manis, ada beberapa menu buka puasa lainnya yang nikmat, tapi nggak sehat buat tubuh. 

1 dari 4 halaman

1. Gorengan

Gorengan pasti banyak yang jual sejak jam 3 sore untuk menyambut waktunya berbuka puasa. Gorengan juga merupakan salah satu makanan buka puasa paling populer, lho! 

Tapi, meskipun nikmat gorengan nggak baik buat kesehatan. Selain kolesterol, gorengan juga sulit dicerna oleh tubuh, terutama ketika makanan yang digoreng menjadi makanan pertama saat buka puasa. 

2 dari 4 halaman

2. Karbohidrat

Orang juga sering mengonsumsi nasi dalam jumlah banyak pada saat berbuka puasa. Kamu memang lapar, sih, tapi porsi nasi yang terlalu banyak juga nggak sehat. 

Apa lagi makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa menyebabkan lonjakan insulin dan kenaikan berat badan, terutama di sekitar hulu hati.

3 dari 4 halaman

3. Kafein

Minuman berkafein juga nggak baik sebagai menu buka puasa. Kafein bisa menimbulkan sakit kepala dan juga gemetar kalau dikonsumsi berlebihan. 

Kamu juga harus ingat, kafein bukan cuma ada pada kopi. Tapi juga pada beberapa minuman kemasan dan juga teh, lho! Jadi sebaiknya kamu minum lebih banyak air mineral saat berbuka puasa, untuk mengisi cairan ke dalam tubuh yang sudah terbuang seharian. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana