Sukses

Sex & Health

3 Langkah Turunkan Berat Badan dengan Puasa Ramadan

Bintang.com, Jakarta Berat badan 'karet' atau berat badan yang naik turun sering sekali dialami orang-orang yang sedang berpuasa di bulan Ramadan. Ibadah yang ditunaikan orang-orang Muslim selama satu bulan penuh ini memang bisa membantu menyehatkan adan membuat berat badan stabil. 

Namun yang terjadi pada kenyataannya, berat badan mereka justru melonjak di akhir bulan. Ada juga yang sempat turun beberapa kilo gram, namun pada akhirnya naik lagi bahkan melebihi berat badan sebelumnya. 

Dilansir dari English Al Arabiya, puasa jika dilakukan dengan hidup sehat seharusnya justru membuat berat badan seimbang. Nah, kalau berat badan melonjak atau jadi 'karet' berarti ada yang harus kamu perbaiki pada saat sahur dan juga buka puasa, girls. 

Ada beberapa langkah dan yang bisa kamu ikuti agar Ramadan kali ini lebih sehat dan target dietmu tercapai. Diet sehat pada saat berpuasa di Bulan Suci ini bukan semata-mata untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa membersihkan diri dengan detoksifikasi. 

1. Hydrate, hydrate, hydrate

Jangan pernah kurang minum selama berpuasa. Karena kamu nggak boleh makan dan minum hingga matahari terbenam, lebih baik kamu pakai trik agar tetap mendapat asupan air mineral yang cukup. 

Saat buka puasa, usahakan minum 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas di antara waktu buka puasa hingga kamu pergi tidur, dan 2 gelas pada saat kamu sahur

1 dari 3 halaman

2. Jangan Langsung Makan Banyak

Biasanya, orang akan mencari ta'jil atau menu buka puasa di luar dengan membeli banyak makanan. Mulai dari gorengan, kue, kolak, es belewah, dan lain sebagainya. 

Padahal, sebaiknya kamu berbuka dengan makanan sehat yang terdiri dari buah, teh, dan air putih. Misalnya, untuk buka puasa kamu minum teh panas, 3 buah kurma, sepotong semangka dan beberapa potong buah lainnya. 

Setelah itu, jangan langsung makan makanan berat seperti nasi dan menu makan malam. Beribadahlah dahulu, atau berjalan-jalan minimal 5 menit. Baru menyantap menu makan malam yang lebih berat. 

2 dari 3 halaman

3. Jangan Pernah Nggak Sahur

Banyak orang yang merasa kuat berpuasa meski nggak sahur. Ya, betul, sih. Puasa tanpa sahur nggak akan bikin kamu buka puasa di tengah jalan sebelum matahari terbenam. Soalnya, kamu yang sudah berpuasa sejak kecil pasti kuat menahan haus dan lapar meski tanpa makan terlebih dahulu. 

Tapi melewati sahur  nggak sehat, girls. Soalnya kamu akan merasa lebih lapar di siang hingga sore hari. Karena sangat lapar, kamu akan makan lebih banyak saat buka puasa. Dan ini pastinya akan mengacaukan diet plan-mu. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana