Sukses

Sex & Health

3 Fakta Penyakit Hashimoto yang Diderita Gigi Hadid dan Gina Rodriguez

Bintang.com, Jakarta Siapa sangka Gigi Hadid, supermodel seksi yang memiliki tubuh fit didiagnosa mengidap sebuah penyakit langka. Dilansir dari Daily Mail, Gigi mengalami penurunan berat badan yang drastis selama beberapa tahun belakangan ini.

Setelah diperiksakan ke dokter, model yang berusia 22 tahun ini menderita penyakit Hashimoto. Gigi pun mengungkapkan hal ini melalui akun Twitternya. 

Sejak Gigi mengumumkan soal diagnosa tersebut, banyak netizen yang bingung dan mencari tahu apa itu penyakit Hashimoto. Dilansir dari Daily Mail, Hashimoto merupakan gangguan tiroid. '

Sederhananya, penyakit ini membuat sistem imun menyerang kelenjar tiroid yang memproduksi hormon. Hormon yang diproduksi ini membantu tubuh mengontrol metabolisme. 

Dilansir dari AJ+, penyakit ini termasuk dalam keluarga autoimune yang bisa menyebabkan berat badan turun drastis, rambut rontok, sakit kepala yang tak tertahankan, dan bahkan depresi. Selain itu, penyakit yang diderita Gigi Hadid ini juga bisa membuat ingatan hilang. Selain Gigi, Gina Rodriguez juga mengidap penyakit yang sama. 

 

2 dari 4 halaman

Penyakit Genetik

Penyakit yang baru saja dikenal banyak orang ini merupakan penyakit genetik. Dilansir dari Prevention, ketika satu anggota keluarga memiliki kondisi autoimun, yang lainnya cenderung akan memiliki penyakit yang sama. Baik itu penyakit tiroid, atau penyakit auto imun lainnya seperti celiac dan rheumatoid. 

3 dari 4 halaman

Gejalanya Nggak Ketahuan

Gejala yang dialami penderita sering banget gejala ringan yang hampir nggak terlihat oleh awam. Seperti Gigi yang berat badannya semakin turun dari tahun ke tahun. Prevention menulis, gejala lainnya antara lain konstipasi, pikun atau memory loss. 

4 dari 4 halaman

Tesnya Cepat dan Mudah

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki penyakit langka ini, sebenarnya ada cara yang cepat, kok. Dokter akan mengambil contoh darah dari tubuhmu. Di laboratorium, mereka akan memeriksa tingkat 2 hormon tiroidmu; TSH dan T4. Mereka akan mencari apakah kamu memiliki antithyroid antibodies, yang diproduksi ketika sistem imun menyerang kelenjar thyroid. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana