Sukses

Sex & Health

6 Makanan Ringan yang Ternyata Ramah Bagi Penderita Diabetes

Bintang.com, Jakarta Penyakit gula darah alias diabetes menjadi salah satu penyakit yang perlu diseriusi keberadaannya. The Centers for Disease Control memperkirakan bahwa 1 dari 10 orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan diabetes. Tentunya, penderita diabetes nggak bisa makan makanan yang mengandung gula secara berlebih. Hidup mereka memiliki batasan pada apapun yang masuk ke tubuh.

Meski begitu, bukan berarti penderita diabetes nggak bisa menikmati camilan di kesehariannya. Bisa, kok. Tapi nggak semua makanan ringan bisa dimakan. Tapi, setidaknya ada beberapa makanan yang masih bisa dimakan. Berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Makanan ringan campur

Sebagai penderita diabetes, bukan berarti nggak bisa menikmati trail mix, camilan ringan yang terdiri dari buah, kacang, dan cokelat. Tapi, demi gula arah yang tetap terjaga, kamu bikin sendiri trail mix  di rumah. Bahan-bahannya mudah, kacang pangang, almon panggang, kelapa tawar, dan buah kering. Campurkan semuanya dalam wadah, dan jadikan snack tersebut jadi camilan.

Trail mix (Via: grapplergourmet.com)

Buah dan Keju

Campuran buah segar dan keju bisa jadi camilan yang menyehatkan bagi siapapun. Terutama bagi penderita diabetes. Apel, bluberi, jeruk, dan anggur adalah jenis buah yang bisa dinikmati bersama keju cheddar.

Buah dan keju (Via: shop.thecorp.org)

Popcorn

Menikmati popcorn tidak akan pernah jadi hal yang salah. Untuk penderita diabetes sebaiknya jangan mencampurkan bumbu instan yang sudah disajikan dalam bungkus. Ganti perasa dengan bahan-bahan alami agar tetap sehat dimakan.

Popcorn (Via: lohlownonscience.org)

Biskuit crackers

Sebelum membeli crackers, perhatikan takaran gizi pada bungkus. Pastikan kandungan sodium dan karbohidrat tetap terjaga. Untuk sodium, batasi 120-130 miligram dan karbohidrat sekitar 20 gram.

Crackers (Via: careinfo.in)

Keripik kubis

Keripik tak melulu soal kentang. Saat ini, ada berbagai jenis keripik yang menyehatkan. Salah satunya adalah keripik kubis atau kol. Coba panggang beberapa lebar kol di rumah. Tambahkan sedikit minyak zaitun di atasnya sebagai bumbu. Masak hingga renyah. Penderita diabetes akan bahagia dengan camilan yang satu ini. 

Keripik kubis (Via: articles.snowballsunderwear.com)

Greek Yogurt

Greek yogurt terkenal dengan kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi. Kini, kamu sudah bisa menemukan greek yogurt dengan berbagai jenis rasa. Untuk di Indonesia, kamu bisa menemukannya di supermarket besar atau toko onlineGreek yogurt aman untuk penderita diabetes yang mencari makanan sedikit manis. Namun penderita diabetes harus tetap berhati-hati karena berisiko meningkatkan karbohidrat dalam darah kalau kebanyakan.

Greek yogurt (Via: learn.uvm.edu)

Baca juga: Snack Jagung Mozarella, Ketika Keju dan Makanan Ringan Bersatu

Kredit

  • Cica
    Author
    Cica