Sukses

Saya di SCTV

Kenapa Keputihan Kerap Hadir Setelah Olahraga?

Bintang.com, Jakarta Keputihan boleh jadi hal yang sering bikin para cewek khawatir. Keputihan biasanya hadir ketika sedang berada dekat dengan siklus menstruasi. Namun, bisa juga hadir setelah olahraga.

Namun, apakah keputihan setelah olahraga normal terjadi? Dilansir dari KlikDokter, dr. Kartika Mayasari menuliskan bahwa hal itu normal terjadi. Apalagi setelah keputihan juga bisa muncul secara berlebihan.

Sering mengalami keputihan setelah olahraga, normalkah? (Sumber Foto: PureWow)

Namun jangan khawatir, girls! Kondisi tersebut disebabkan oleh meningkatnya tingkat intra abdomen saat olahraga. Saat melakukan olahraga high impact seperti lari, tubuh akan bereaksi seperti botol saus yang dihentak-hentakan untuk mengeluarkan saus.

Hal tersebutlah yang bisa membuat keputihan keluar lebih banyak usai olahraga. Jadi, bukan karena tubuhmu memproduksi keputihan lebih banyak, lho! Selain itu, keputihan juga bisa terjadi karena tubuh dipenuhi keringat sehingga pakaian dalam terikut basah. Pakaian dalam yang basah bisa menjadi tempat jamur berkembang biak.

Sering mengalami keputihan setelah olahraga, normalkah? (Sumber Foto: healthewomen.co.uk)

Selain itu, perlu diketahui bahwa keputihan yang normal hanya terjadi di hari yang sama saat olahraga. Jika berlangsung selama berhari-hari bahkan lebih dari tiga hari kamu harus mencurigai penyebab lain. Apalagi jika ada gejala gatal atau rasa terbakar. Yuk ketahui lebih banyak soal keputihan di sini!

Kredit

  • Floria Zulvi
    Author
    Floria Zulvi