Sukses

Relationship

Manfaat Rasa Percaya Diri Bagi Hubungan yang Kamu Jalani

Bintang.com, Jakarta Ketika jatuh cinta dan mencintai, seseorang akan memiliki keinginan untuk selalu memberi yang terbaik bagi orang yang dicintainya. Kadang malah sampai lupa kalau dia harus lebih dulu merasa baik dengan dirinya sendiri jika ingin membangun hubungan asmara yang baik dengan pasangannya.

Merasa baik dengan dirinya sendiri dalam arti memiliki self-love dan kepercayaan diri yang cukup. Dua hal itu ibarat "nyawa" lain yang harus ada sebab turut membentuk karakter manusia yang baik pula.

Cinta pada diri sendiri dan rasa percaya diri itu memberi kekuatan untuk memberi kepercayaan serupa pada pasangan. Jika ada rasa percaya, hubungan pun akan lebih mudah dijalani karena kamu tak perlu buang waktu dan energi untuk berprasangka buruk pada hal yang tak perlu.

Intinya, cinta dan rasa percaya merupakan pangkal dari segala kebaikan dalam berlaku. Jika kamu ingin bahagia, pastikan dulu kamu memiliki itu di dirimu sendiri. 

Dengan rasa cinta dan percaya diri, kamu akan lebih siap menerima kebaikan-kebaikan dalam hubunganmu. Percayalah, lima manfaat ini akan kamu dapatkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri Ketika Menjalin Hubungan Asmara

1. Kamu tak perlu berubah jadi orang lain

Kamu percaya bahwa dirimu sudah cukup baik apa adanya. Di sisi lain kamu pun percaya bahwa kamu akan selalu dinamis mengikuti perubahan dan tetap berusaha jadi yang terbaik. Kamu tak perlu mengemis. Kalau dia cinta, dia akan menerima kamu yang seperti itu dan berproses bersama. Kalau tidak, ya tidak apa-apa juga. Kamu percaya kok kalau kamu berhak mendapatkan seseorang yang mencintaimu apa adanya.

2. Kamu berani menjaga prinsip yang akan membuatmu lebih dihargai

Rasa percaya diri itu membuat kamu berani bicara dan mempertahankan pendapatmu jika suatu saat perlu diperdebatkan. Ya, memang pendapatmu tidak harus selalu menang, tapi keberanianmu menjaga prinsip itu akan membuatmu lebih dihargai. Kamu tidak akan didominasi dalam hubungan.

3. Tidak ada rasa insecure dan posesif

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rasa percaya diri secara tidak langsung akan membuat kamu percaya pada pasanganmu. Sebab kamu takkan membiarkan dirimu dltermakan prasangka yang tak perlu.

3 dari 3 halaman

4. Perasaan yang ada antara kalian jadi lebih tulus

Karena rasa percaya diri itu juga membawa kejujuran dalam tiap langkahmu. Setiap amarah dan cinta yang ada adalah yang senyatanya. Perasaan antara kalian terlatih jadi lebih tulus.

5. Kalian lebih bahagia

Rasa percaya diri dan semua manfaat baik yang dibawanya itu akan membawa ketenangan, dan ketenangan berbanding lurus dengan kebahagiaan. Jadi, kalau kamu ingin bahagia mulailah dengan cinta dan percaya pada dirimu sendiri dahulu. Atau kalau kamu memang merasa hubunganmu kurang bahagia, coba tanyakan, sudahkah kamu cinta dan percaya pada dirimu sendiri?

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani