Sukses

Relationship

Psst, Ini Cara Mengurangi Stres Saat Mempersiapkan Pernikahan!

Bintang.com, Jakarta Ketika hubungan yang dijalin sudah mengisyaratkan sebuah pernikahan, hati memang riang bukan kepalang. Namun segera setelah persiapan pernikahan itu dilakukan, rasa riang akan mulai terganti dengan berbagai kepusingan.

Tak jarang, persiapan pernikahan ini bikin para calon pengantin stres. Masalah mudah sekali muncul di masa seperti ini. Kalau tidak sabar-sabar menghadapinya, masalah di masa ini bisa jadi sumber perpecahan bagi pengantin maupun kedua belah pihak keluarga, lho.

Sangat dimaklumi kalau banyaknya hal yang harus dilakukan di masa persiapan ini membuat calon penganti tertekan. Keinginan untuk melakukan yang terbaik demi momen sehari dalam seumur hidupnya, sedikit banyak memberi beban tersendiri.

Dalam keadan seperti itu para pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan pasti jadi lebih sensitif. Wah, makanya perlu hati-hati banget deh biar tidak stres berkelanjutan.

Jangan sampai kamu lupa akan kebahagiaan yang semestinya kamu rasa karena terlalu intens menghadapi momen-momen yang bikin stres di masa persiapan pernikahan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengurangi Stres di Masa Persiapan Pernikahan

Istirahat kapanpun kamu merasa lelah

Jangan terlalu memforsir dirimu. Totalitas memang perlu, tapi tubuhmu butuh istirahat. Dengarkan apa kata tubuhmu. Tenang saja, istirahat takkan membuat waktumu terbuang. Justru dengan istirahat kamu bisa bekerja dengan lebih efektif dan produktif setelahnya.

Memastikan rencana berjalan sesuai agenda memang penting, tapi sesekali kamu butuh refreshing juga

Berada di fase persiapan pernikahan mungkin akan membuatmu berpikir dua kali untuk refreshing. Selain waktu, uang juga tak jarang jadi kendala. Tapi, kamu tak harus selalu menolaknya kok. Sesekali boleh saja, jika takut merasa bersalah, coba sebelum melakukannya kamu diskusikan dulu dengan pasanganmu.

Kumpul sama teman-teman bisa jadi obat stres, lho!

Kumpul sama teman kan tidak mesti menghabiskan banyak uang. Minta berkunjung ke rumahnya atau ajak teman-teman berkunjung ke rumahmu saja, hematnya dapat, quality timenya juga dapat! Refreshing banget lho, kumpul sama teman-teman baikmu.

 

3 dari 3 halaman

Dekati Hal-hal Positif, Jauhi yang Negatif

Mungkin selama ini kamu meninggalkan hobi, inilah saatnya kamu melakukannya lagi

Persiapan pernikahan mungkin menyita waktu dan pikiranmu sampai kamu mengesampingkan hobi. Jika ya, sekarang tinggalkan dulu persiapan pernikahanmu sejenak dan kembali pada hobimu.

Sugesti diri dengan hal positif

Ingat, kamu sedang menuju momen bahagia. Masa kamu mau prosesnya penuh drama? Tanamkan dalam benak, "proses persiapan pernikahan ini harus jadi kenang-kenangan yang menyenangkan."

Hindari apapun yang membuatmu membanding-bandingkan diri

Di masa seperti ini kamu pasti butuh referensi. Tapi, jangan sampai referensimu itu bikin kamu pusing sendiri, ya! Manfaatkan referensi pernikahan secukupnya saja. Jika secara garis besar sudah terpenuhi, jauhi. Berhenti cari informasi yang membuatmu tambah bingung, nanti yang ada kamu jadi tidak pernah merasa puas. 

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani