Sukses

Relationship

Curhat Pembaca: Mau Minta Maaf Sama Mantan Sahabat

Bintang.com, Jakarta Dari: Ramanda Wilza

Redaksi, aku manda. Mau tanya gimana caranya minta maaf sama sahabat? Tapi sebenarnya aku gak tahu salahku tuh apa. Jadi dulu kita deket banget sejak awal masuk SMA. Tapi pas naik kelas 2 tuh dia mulai ngejauh.

Aku gak tau aku salah apa dan kenapa dia begitu. Tapi aku ngerasa kehilangan banget. Aku mau mnta maaf walau gak tau salah aku apa, aku mau sahabat aku kembali. Aku harus gimana? Please kasih aku saran. :(

***

Dear Manda,

sebelum kamu meminta maaf atas kesalahan yang tidak kamu tahu apa, alangkah lebih baik kalau kamu cari tahu dulu apa yang sebenarnya terjadi. Jangan langsung bilang maaf, mulailah dengan berbasa-basi menciptakan kesempatan untuk berkomunikasi lebih intens.

Sekiranya dia welcome merespon obrolan pembukamu, langsung minta waktunya untuk berbicara serius. Ini penting agar kalian bisa ngobrol dengan tenang. Lebih bagus lagi, kalau obrolan itu dilanjutkan dengan pertemuan. Tapi kalau tidak bisa, lewat chat pun tidak apa-apa.

2 dari 3 halaman

Mulai Dari Diri Sendiri

Baiknya kamu tidak langsung menuduh dia menjauhimu tanpa alasan atau apapun, meski kamu merasa demikian tapi kamu tetap harus menjaga perkataan senetral mungkin agar tidak menyudutkannya ataupun menyudutkan dirimu sendiri. Pertama-tama, mulailah dari apa yang kamu rasakan.

Beri dia gambaran mengenai apa yang kamu rasakan. Ceritakan bagaimana kamu merasa kehilangan dia, sejak kapan, dan bagaimana bingungnya kamu atas keadaan yang tiba-tiba berubah. Intinya, beri gambaran dari sisi kamu dulu. Setelah itu beri dia kesempatan untuk memjawab dengan cerita versinya.

Cobalan untuk saling mendengarkan dan membuka hati serta pikiran selebar-lebarnya untuk menerima tiap hal yang terucap dari sahabatmu. Ingat, ini adalah kesempatan untuk memperbaiki keadaan.

3 dari 3 halaman

Fokus Pada Solusi

Setelah masing-masing mengungkapkan pendapatnya dari sudut pandang masing-masing, jangan berlarut membahas masalah. Jangan mencari-cari apa dan siapa yang memulai kesalahan. Fokuslah pada solusi. Jangan lupa, sampaikan permintaan maafmu padanya atas apa-apa yang kamu perbuat dan telah menyakitinya baik sengaja ataupun tidak.

Tanya, apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan. Dia harus tahu seberapa berartinya persahabatan kalian untuk kamu, dan kamu sangat ingin mempertahankannya.

Tapi, kamu juga harus sadar kalau tidak semua yang rusak bisa diperbaiki lagi. Setelah semua upayamu untuk mempertahankan persahabatan kalian, pasrahkanlah. Lihat dia ingin berusaha seperti kamu atau tidak. Kalau dia memandang persahabatan kalian sama seperti kamu, bagus. Berarti kalian siap memperbaikinya bersama. Kalau ternyata tidak, kamu harus bisa mengikhlaskan.

Semoga saja keadaannya membaik sesuai keinginan ya, Manda. :)

 

 

***

Punya masalah percintaan yang bikin galau? Curhatin aja! Kirim curhatanmu ke redaksi@bintang.com. Jangan lupa tulis subject emailnya: CURHAT PEMBACA BINTANG, ya. Curhatanmu akan dijawab dan kamu bisa lihat jawabannya di www.bintang.com/relationship. Ditunggu!

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani