Sukses

Relationship

Wah, Ternyata Ini Penyebab Keraguan yang Muncul Jelang Pernikahan

Bintang.com, Jakarta Ujian menjelang pernikahan memang ada-ada saja. Masalah-masalah yang tak pernah ada dan terpikirkan sebelumnya, bisa tiba-tiba muncul di depan mata. Tak heran kalau ujian jelang pernikahan itu seringkali bikin seseorang meragu.

Permasalahan yang muncul di masa-masa menjelang pernikahan bisa berubah jadi keraguan karena permasalahan tersebut dianggap sebagai pertanda buruk. Jadi sebetulnya, peran pikiran negatif dari diri sendiri pun turut berkontribusi dari adanya keraguan tersebut.

Tidak seharusnya permasalahan tersebut dipandang dari kacamata negatif. Sebaliknya, kamu harus bisa mengendalikan pikiranmu, entah bagaimana caranya agar tetap positif dan menganggap permasalahan itu sebagai sesuatu yang menguntungkan kamu dan pasangan. Ketahui juga sumber masalahnya agar kamu lebih mudah mengatasinya.

Biasanya, apa saja sih penyebab keraguan menjelang pernikahan itu muncul? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kamu masih berpikir untuk melangkah keluar dari zona nyaman

Hidup sendiri dengan hidup berdua pasti berbeda. Kamu tidak bisa menyamakan bagaimana kamu yang selama ini bebas ke sana kemari, tiba-tiba jadi memiliki tanggung jawab besar dalam rumah tangga. Di situ kamu menyadari betapa nyamannya hidupmu sebagai seorang single, dan mulailah ada perbandingan-perbandingan dalam kepalamu mengenai kehidupan sebagai single dengan kehidupan sebagai istri orang.

1 dari 3 halaman

Penyebab Keraguan Muncul Menjelang Pernikahan

2. Kamu belum dapat gambaran mengenai kehidupan rumah tangga bersama dia

Ini biasa terjadi, khususnya bagi mereka yang baru pacaran sebentar saja sebelum memutuskan untuk menikah. Meski ada keyakinan untuk menikah, tapi pasangan yang baru pacaran sebentar tentu saja belum punya banyak gambaran tentang bagaimana jadinya mereka ketika hidup bersama. Tak heran, ini jadi penyebab munculnya keraguan.

3. Masih ada ambisi yang ingin dikejar

Pernikahan itu bersifat mengikat. Satu-satunya hal yang dapat melonggarkan ikatan tersebut adalah dukungan dari pasangan. Keraguan jelang pernikahan bisa muncul jika kamu mulai berpikir, "apakah dia akan mendukungku untuk mewujudkan ambisi-ambisiku?"

 

2 dari 3 halaman

Kendalikan Pikiran, Komunikasikan dengan Pasangan, Jangan Biarkan Keraguan Itu Menghambat Langkah

4. Muncul hal-hal dari diri pasangan serta keluarganya, yang selama ini belum kamu tahu

Pasangan yang baru pacaran sebentar maupun yang sudah bertahun-tahun lamanya pasti merasakan hal ini menjelang pernikahan, terutama di masa-masa persiapan. Memasuki fase ini, ketahanann batin kedua belah pihak mulai teruji, bukan hanya dari dalam hubungann sendiri tapi juga dari keluarga.Tak jarang faktor keluarga itu membuat seseorang berpikir untuk mundur.

5. Adanya ketakutan yang tak terjelaskan

Persiapan pernikahan sungguh menguji mental. Tak heran kalau dalam masa ini muncul ketakutan-ketakutan yang tak terjelaskan penyebabnya, bahkan tak mendasar! Tapi jangan khawatir, selama ada dukungan pasangan, semua pasti terlewati.

Di masa-masa seperti ini, yang bisa menyelesaikannya adalah kamu dan pasangan. Komunikasikan semua yang kamu rasa, jangan ada yang terpendam. Sebab, mungkin dialah penyebab sekaligus solusi atas permasalahan itu. Jadi, jangan ragu untuk mengutarakan padanya mengenai keraguan yang mengganggu hatimu menjelang pernikahan.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani