Sukses

Relationship

Kalau Keseringan Mengalah Sama Pasangan, Ini Akibat yang Akan Kamu Rasakan

Bintang.com, Jakarta Dalam hubungan, saling mendengarkan kebutuhan satu sama lain dan berkompromi untuk menemukan solusi yang adil bagi keduanya itu diperlukan. Bahkan, ada kalanya kita harus mengalah demi pasangan. Tapi, perlu mengalah bukan berarti kamu harus terus-terusan mengalah.

Saat ada pihak yang mengalah, berarti ada pihak yang dimenangkan. Sesekali dilakukan demi kepentingan hubungan itu, wajar. Sedangkan kalau terus-terusan, sudah bukan demi kepentingan hubungan lagi namanya, tapi pasanganmu super egois.

Bukan cuma kamu lho yang perlu mengalah dalam hubungan, dia juga harus melakukannya jika memang diperlukan. Kamu harus tegas! Jangan mau kalau kamu dituntut untuk terus menerus mengalah padanya, atau ini akibatnya;

2 dari 6 halaman

1. Dia jadi menggampangkan kamu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz)

Merasa kamu bisa menuruti kemauan dia, bukan nggak mungkin kalau dia akan terus menerus melakukannya bahkan ketika itu hanya demi kepentingannya dan merugikan kamu. Dia akan malas mendengar apa yang kamu butuh, dia akan jadi egois dan mendominasi dalam hubungan. Pada akhirnya, kamu kehilangan peranmu.

3 dari 6 halaman

2. Prinsipmu bisa luntur

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Brooke Cagle)

Setiap orang pasti punya prinsip atau nilai-nilai yang ia pegang dalam menjalani hidupnya. Namun, ada kalanya nilai itu harus berbenturan dengan nilai orang lain. dalam hal ini pasanganmu, dan kamu harus mengalah. It's OK, memang begitulah caranya jika ingin membuat kamu dan pasangan terus sejalan. Tapi kalau kamu terus menerus dibuat mengalah, bisa-bisa nilai-nilai itu hilang dari dirimu dan kamu kehilangan jati diri.

4 dari 6 halaman

3. Nggak belajar kompromi

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kalau cuma kamu yang mengalah demi dia, nggak ada proses kompromi yang terjadi di antara kalian. Ujung-ujungnya kamu cuma akan jadi "pengikut" dalam hubungan tersebut. Padahal, kamu juga punya hak dan kendali yang sama dengan dia selama kalian bersama dalam hubungan tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Kalian menyimpan toxic

Ilustrasi reationship. (Foto: pexels.com)

Hati kecilmu pasti berontak saat kamu dibuat terus menerus mengalah oleh pasanganmu, tapi mungkin kamu nggak bisa langsung mengungkapkannya. Seringkali, kamu malah menyimpannya sendiri. Perasaan yang terpendam itulah yang akan jadi racun yang merusak perjalanan hubungan kalian selanjutnya.

6 dari 6 halaman

5. Kamu sulit berkembang

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Dengan kamu yang terus menerus mengalah, hubungan kalian nggak akan menyenangkan untuk dijalani. Bisa dibilang, tinggal tunggu waktu saja sampai semuanya porak poranda. Bagian terburuknya, terus menerus mengalah pada pasanganmu akan membuat kamu sulit berkembang karena di sana kamu nggak punya ruang. Semua hanya tentang pasanganmu.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani