Sukses

Relationship

Biar Hubunganmu Ada Kemajuan, Diskusikan 10 Hal Ini dengan Pacar

Bintang.com, Jakarta Momen pergantian tahun adalah waktu yang tepat untuk me-review perjalanan hidupmu setahun belakangan, dan buat rencana baru untuk setahun ke depan. Bukan cuma hal-hal pribadi, tapi juga yang berkaitan dengan hubunganmu bersama si pacar. Itu juga kalau kamu punya pacar.

Alangkah baiknya jika setiap waktu yang terlewat bukan cuma menjadi momen sesaat, tapi juga jadi pelajaran bagi hubungan kalian berdua agar menjadi semakin baik sebagai pasangan sekaligus partner hidup. Kalau nggak begitu, hubungan kalian nggak akan ada kemajuan berarti, malah mungkin jalan di tempat saja dari waktu ke waktu.

Lama kelamaan kamu pasti akan merasakan sebuah kegelisahan setelah mengetahui bahwa hubunganmu nggak menunjukkan kemajuan yang signifikan. Untuk itu, upayakan waktu untuk berdiskusi tentang beberapa hal ini dengannya. Mumpung momennya pas juga, nih!

1 dari 11 halaman

1. Bagaimana hubungan kalian setahun terakhir, dari sudut pandang masing-masing?

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Apaha Spi)

Evaluasi apa saja yang terjadi di tahun 2017 kemarin. Ingat-ingat semuanya, yang baik-baik maupun yang buruknya. Kalau perlu, tuliskan. Dirunut momen berdasarkan waktu dari awal sampai akhir tahun. Selain bahan evaluasi, ini juga bisa jadi gratitude list untuk kalian. :)

2 dari 11 halaman

2. Apa hal yang dirasa paling mengganggu?

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Toa Heftiba)

Tentu saja hubungan kalian nggak selalu baik setiap waktu, sepanjang tahun, kan? Hubungan kalian pasti ada turunnya, emosi kalian ada naiknya. Nah, dari itu semua, apa yang dirasa paling mengganggu?

3 dari 11 halaman

3. Apa yang semestinya bisa kalian capai tahun kemarin?

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Alban Martel)

Coba ingat lagi di awal tahun sebelumnya, jika kalian memang sudah cukup lama bersama, apakah kalian merencanakan sesuatu untuk dicapai di tahun kemarin? Apakah sudah tercapai?

4 dari 11 halaman

4. Apakah tahun kemarin kalian berhasil menciptakan sesuatu hal baru untuk hubungan kalian?

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Alex Holyoake)

Nah! Ini penting. Ada baiknya setiap pasangan meng-update hubungannya dari waktu ke waktu, dengan hal-hal baru yang seru! Selain mencegah rasa bosan, hal ini juga memperkuat bonding antara kalian. So, apakah kalian berhasil menciptakann itu tahun kemarin?

5 dari 11 halaman

5. Apa yang kurang dari satu sama lain?

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Almos Bechtold)

Bicarakan kekurangan bukan untuk saling menyalahkan apalagi menyudutkan. Bicarakan kekurangan satu sama lain, murni untuk mengevaluasi agar sama-sama bisa memperbaiki diri ke depannya.

6 dari 11 halaman

6. Apa kelebihan yang harus dipertahankan?

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Aldo Delara)

Nggak adil rasanya membicarakan kekurangan tanpa menyebutkan apa yang jadi kelebihannya. Jadi, bicarakanlah kelebihan satu sama lain sepanjang tahun yang kalian suka dab bikin kalian jadi semakin cinta. Syukur-syukur kalau kelebihannya bisa diimprovisasi lagi, kan.

7 dari 11 halaman

7. Bagaimana harapanmu dan dia terhadap hubungan kalian?

Ilustrasi Relationship. (Foto: unsplash.com/Allen Taylor)

Pandangan kalian terhadap hubungan itu ke depannya secara nggak langsung akan menentukan juga apa yang akan terjadi pada hubungan itu. Kalau kalian nggak bisa menyebutkan apa yang kalian harapkan dari hubungan itu ke depannya, bisa jadi karena bagi kalian hubungan tersebut memang nggak punya masa depan. Ups.

8 dari 11 halaman

8. Apa target kalian tahun ini?

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/

Adanya target akan berpengaruh penting bagi perjalanan hubungan kalian selanjutnya. Kalian nggak akan kehilangan arah, kalian akan lebih bersemangat dan semakin kompak bekerja sama untuk mencapainya. Well, target nggak harus besar. Pengin liburan bareng ke suatu tempat di tahun ini juga bisa jadi target bersama kok. :)

9 dari 11 halaman

9. Apakah sudah ada kejelasan, kapan kalian akan membawa hubungan ini ke jenjang yang lebih serius?

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Josiah Weiss)

Mau hubungan sudah terjalin lama atau baru, rasanya kejelasan itu penting agar sama-sama bisa menjalaninya dengan tenang. Yang baru, jelaskan apakah kalian berniat serius atau nggak, dan kapan kira-kira akan melanjutkan keseriusan itu ke dalam aksi yang nyata seperti lamaran dan pernikahan. Yang memang sudah serius, kapan rencananya dieksekusi? Mungkin sekarang sudah saatnya tentukan kapan waktu yang tepat.

10 dari 11 halaman

10. Apa yang sudah dan akan kalian upayakan untuk menuju ke sana?

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Jose Alfredo Lerma Contreras)

Kalian berniat serius? Coba review sedikit, apakah kalian sudah menjalani hubungan ini selayaknya dua orang dewasa yang ingin serius menjalin hubungan? Atau masih seperti anak-anak yang masih labil dan penuh drama? Apa yang sudah kalian upayakan? Apa langkah konkret yang akan kalian tempuh untuk benar-benar mewujudkan rencana hubungan kalian? Awal tahun ini, perjelas semuanya!

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani