Sukses

Viral

Editor Says: Ketika Suasana Kuburan Jadi Desain Smoking Room

Bintang.com, Jakarta Bagaimana caranya menegur para perokok? Memang nggak gampang untuk memberikan teguran, apalagi biasanya mereka para perokok akan lebih galak dibandingkan dengan orang yang merasa terganggu dengan bau asap rokok yang ditumbulkan. Alhasil, mereka yang nggak merokok harus mencari tempat yang lebih nyaman.

Kejadian di atas mungkin akan dialami kalau kamu ketemu dengan perokok yang nggak dikenal, lalu bagaimana kalau orang yang merokok adalah teman atau bahkan keluarga sendiri? Pastinya mereka akan mengomel juga kalau dibilangin. Dan tentunya juga akan lebih berat dan “ending-nya” kamu bakalan dibilang,”Ribet lu.”

Banyak usaha dan cara yang telah dilakukan untuk menegur. Jangankan kamu, bahkan pemerintah sendiri telah melakukan berbagai cara untuk menegur mereka-mereka yang hobi merokok. Lihat saja bungkus rokok sekarang. Ya, banyak gambar-gambar mengerikan yang telah dipasang yang diniatkan untuk menakuti. Tapi, apa yang terjadi?

Karena kegiatan merokok sudah seperti makan, yakni sebuah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, jadinya ya mereka yang suka merokok nggak bakalan takut. Atau mereka melakukan banyak cara untuk menutupi gambar menakutkan itu. Ada juga perokok yang sengaja memilih gambar dibungkus rokok yang tidak terlalu seram. Yup, sampai sebegitunya memang…

Tapi, mungkin cara yang satu ini bisa dilakukan. Beberapa foto yang memperlihatkan suasana smoking room di sebuah bandara di Bandung kini tengah viral. Desain smoking room yang nggak biasa alias menakutkan membuat para perokok “kabur” dan tak lagi ingin merokok di tempat tersebut.

2 dari 3 halaman

Foto-foto Desain Smoking Room yang Viral

Seorang pemilik akun Facebook Dode Yogiswara mengunggah beberapa foto pada 10 Agustus lalu. Bersama foto-foto tersebut ia memberikan keterangan. “Lagi di airport Bandung. Masuk ke smooking room. Ruangan sangat sempit. Ukuran mungkin 2.5 x 1.5m. Design dinding seperti tanah coklat kemerahan. Abis nyalain rokok, iseng liat ke atas, ada gambar ibu-ibu, bapak-bapak lagi tabur bunga di atas. Feeling langsung nggak enak, buru-buru matiin rokok terus keluar.”

Smoking room tersebut ternyata di desain seperti kuburan. Orang yang merokok nantinya akan merasa dirinya tengah berada di dalam kuburan lantaran dinding di atasnya terlihat seolah-olah seperti keluarga tercinta tengah menangisi kamu. Ya, kalau kamu terus merokok, maka itulah hal yang menakutkan yang bakal terjadi nanti.

Sama seperti Dode, mungkin banyak orang yang akan langsung berpikir dua kali jika ingin merokok di smoking room tersebut. Tapi, apakah mereka akan langsung berhenti merokok? Ada yang langsung jera, tapi ada pula yang memilih tempat lain lalu lanjut merokok. Masing-masing orang pastinya berbeda-beda.

3 dari 3 halaman

Dibutuhkan Niat yang Kuat

Banyak yang bilang kalau berhenti merokok itu nggak semudah membalikan telapak tangan. Dan sekeras apa pun orang-orang sekitar memberikan petuah tentang bahaya merokok, rasanya nggak akan mempan.

Beberapa orang yang telah berhenti merokok mengatakan bahwa bukan cuma dorongan dari orang-orang terdekat, tapi juga harus ada niat yang kuat untuk berhenti merokok. Jangan sampai ada penyakit dulu baru berhenti, lebih baik diniatkan dari sekarang.

Apa keuntungan yang didapat dari merokok? Apa bahaya yang akan didapat? Coba pikir lagi…

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul