Sukses

Viral

Lebaran Besok! Berdasarkan Sidang Isbat, 1 Syawal 1439 Hijriah Jatuh Pada 15 Juni 2018

Bintang.com, Jakarta Terjawab sudah pertanyaan "kapan Lebaran?" yang mungkin kerap dilontarkan oleh sebagian umat Muslim di dunia ini. Meski di berbagai kalender bahwa 1 Syawal 1439 Hijriah atau Idul Fitri telah ditetapkan pada 15 Juni 2018, tapi, Kementerian Agama RI tetap menyelenggarakan Sidang Isbat atau Sidang Penetapan berdasarkan munculnya hilal pada sore ini, Kamis (14/6).

Berdasarkan pantauan hilal dari 97 titik di Tanah Air dan Sidang Isbat yang telah dilakukan secara tertutup oleh tim Falakiah Kementrian Agama, 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada 15 Juni 2018. Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers di Auditorium HM Rasyidi, Gedung Kemenag, Jakarta.

"Dari 34 provinsi di Tanah Air, setidaknya ada 12 laporan pelaku rukyatul hilal yang bertugas di bawah disumpah, seluruhnya menyatakan kesaksiannya telah melihat hilal. Maka dengan demikian, seluruh peserta sidang isbat bersepakat dan juga setelah mendengarkan pertimbangan dari Ketua MUI, menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018," kata Lukman Hakim.

Sidang Isbat dihadiri oleh berbagai tamu undangdan, yakni di antaranya ada duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kemudian, turut hadir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium.

Dengan hasil Sidang Isbat tersebut, maka ditetapkan sudah bahwa 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018 dan seluruh umat Muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri esok hari.

Kredit

  • Cica
    Author
    Cica