Sukses

Viral

Kapan Lebaran? Sabar, Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Fitri 2018 Besok

Bintang.com, Jakarta “Selamat Idul Fitri”, meskipun banyak orang yang sudah memberikan ucapan selamat Lebaran, tapi sebenarnya kapan sih Lebaran tersebut? Sama seperti hari pertama puasa Ramadan 2018, hari Lebaran pun ditentukan melalui sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama. Nah, sidang Isbat Idul Fitri 2018 sendiri akan diadakan pada Kamis (14/6/2018).

Sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk menentukan awal bulan Syawal 1439/2018M atau Hari Raya Idul Fitri 1439H itu akan digelar di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta. Dilansir dari Liputan6.com, Rabu (13/6/2018), akan ada 97 titik pemantauan hilal yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia.

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan," ujar Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin di Jakarta, seperti dilansir situs www.kemenag.go.id, Rabu (13/6/2018).

Muhammadiyah Amin juga menjelaskan kalau hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Syawal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat lalu dari situ akan diambil keputusan penentuan awal Syawal 1439H.

Nantinya sidang Isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Jadi, buat yang sudah nggak sabar ingin mengenakan baju baru saat Lebaran sebaiknya menunggu hasil sidang Isbat Idul Fitri 2018 yang baru akan digelar besok, Kamis (14/6/2018). Perlu diketahui bahwa PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah atau Idul Fitri 2018 jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul