Sukses

Viral

Bahaya Unggah Status Mudik ke Media Sosial, Coba Pikir Lagi Deh kalau Mau Narsis!

Bintang.com, Jakarta Kemajuan teknologi membuat masyarakat sekarang sangat akrab dengan media sosial, tempat di mana kamu bisa berbagi hal apa pun, mulai dari curhatan, foto, video, dan bahkan berbagi lokasi atau tempat di mana kamu kini tengah berada. Apakah kamu juga ingin berbagi tentang kegiatan mudik kamu ke media sosial?

Ya, musim mudik ternyata bukan cuma bikin macet jalanan, tapi juga bikin ramai media sosial. jika boleh sedikit mundur ke belakang, saat Ramadan banyak masyarakat yang akan mengunggah berbagai foto momen buka puasa, meme menunggu azan maghrib, foto selfie dan masih banyak lagi. Nah, saat musim mudik kebiasaan tersebut tentunya nggak berubah.

Seperti yang mungkin sekarang sudah kamu bisa lihat di timeline media sosial kamu. Banyak orang yang sudah update status soal perjalanan mudiknya, mulai dari kemacetan atau pun susah nyari tempat buka puasa saat lagi macet, bahkan ada yang memotret rumah yang terkunci lalu diberi caption,”Baik-baik ya my sweet home. Bakalan kangen deh selama ditinggal mudik.”

Penting nggak sih? Kalau mau update status soal rumah kosong permasalahannya adalah bukan penting atau tidak penting, tapi bahaya nggak? Bukan berpikiran buruk, tapi kira-kira bahaya nggak ketika kamu mengunggah atau memberitahu soal rumah yang kosong karena ditinggal mudik? Bagaimana kalau status kamu dibaca oleh orang-orang yang berniat buruk?

Bukan negative thinking, tapi berhati-hati tentu nggak ada salahnya donk. Lebih baik berpikir dua kali kalau kamu mau update status mudik, jangan sampai malah mengundang orang-orang jahat. Selain itu hati-hati juga kalau mau narsis di perjalanan mudik, entah itu dalam keadaan macet atau nggak.

1 dari 3 halaman

Tips Menjaga Rumah Agar Tetap Aman Selama Mudik

Selain jangan mengunggah status rumah kosong di media sosial, ada beberapa hal lagi yang dapat kamu lakukan untuk menjaga rumah agar tetap aman. Tipsnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Biarkan Lampu Menyala

Lampu di dalam rumah boleh saja kamu matikan, tapi sebaiknya lampu di teras depan atau halaman tetap dinyalakan selama kamu mudik supaya orang-orang mengira kamu sedang ada di dalam rumah. Selain itu, matikan listrik yang dianggap tak perlu, seperti TV, AC, dan sebagainya.

2. Lapor ke Pihak RT/RW

Kalau pintu dan jendela sudah kamu check, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah lapor ke RT, RW dan juga satpam yang ada. Kasih tahu ke mereka kalau kamu akan meninggalkan rumah selama beberapa hari karena mudik. Jadi, setidaknya saat kamu pergi, rumah tetap ada yang menjaga.

2 dari 3 halaman

3. Titip Hewan Peliharaan

Saat mudik ada satu hal yang juga nggak boleh kamu lupakan, yakni titipkan hewan kesayangan. Ya, kalau kamu tidak bisa membawa semua hewan peliharaan, maka kamu harus pastikan selama mudik mereka dalam keadaan aman dan tidak kekurangan makanan.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul