Sukses

Viral

Jangan Lupa Lakukan Hal Ini Sebelum Salat Idul Fitri

Bintang.com, Jakarta Lebaran sebentar lagi, sudah sejauh apa persiapanmu untuk menyambut hari raya? Selain menyiapkan penampilan, jangan lupa untuk menyantap hidangan sebelum berangkat salat Idul Fitri ya.

Menurut hadis yang diriwayatkan Bukhari, at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad dari Anas, berkata, “ Rasulullah tidak berangkat (ke tempat sholat) pada hari raya Idul Fitri sampai beliau memakan beberapa buah kurma terlebih dahulu.”

Beberapa ulama memiliki pandangan yang berbeda mengenai sunnah itu. Sebagian memaknai sunnah itu sebagai penanda sudah berakhirnya masa berpuasa.

Dalam Fat-Bul Baari, Imam al-Muhallab, berkata, “Hikmah disunnahkannya makan sebelum berangkat shalat Idul Fitri agar tidak ada orang yang mengira masih diwajibkan puasa sampai dikerjakannya sholat Ied.“

Selain makan, sebelum menjalankan salat Idul Fitri, umat Islam disarankan untuk mandi. Diriwayatkan Malik, asy-Syafi’I, Abdurrazzaq, dari Nafi’ yang menyebut Abdullah bin Umar biasa mandi pada hari raya Idul Fitri sebelum berangkat ke tempat melaksanakan sholat.

Tetapi, menurut Syeikh Ali bin Hasan dan Syeikh Salim bin ‘Ied al-Hilali dalam Meneladani Rasulullah dalam Berpuasa dan Berhari Raya perkara mandi sebelum melaksanakan salat Idul Fitri merujuk pada kebiasaan para sahabat Nabi. Sebab, dalam jika ditelusuri riwayatnya tidak ditemukan riwayat yang langsung mengarah kepada kebiasaan Nabi.

Hadist yang diriwayatkan di dalam Sunan Ibnu Majah, yang di dalam sanadnya terdapat Jubarah bin al-Mughallis dan syeikhnya tergolong lemah. Riwayat yang diungkapkan oleh Yusuf bin Khalid juga belum dapat tervirifikasi lantaran sebagian ulama menganggap Yusuf sebagai pendusta.

“Sebenarnya ada satu riwayat yang disandarkan kepada Rasulullah mengenai mandi sebelum salat Ied, namun sayangnya hadits tersebut dha’if,” tulis Ali dan Salim.

 

Penulis: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti