Sukses

Viral

Kata Perempuan: Beratnya Jalani Puasa Ramadan Cuma Soal Kebiasaan?

Bintang.com, Jakarta Tanggal 17 Mei 2018 yaang bertepatan dengan 1 Ramadan 1439 H, menjadi hari pertama menjalani ibadah puasa Ramadan. Sejauh ini, bagaimana kamu menjalani puasa Ramadan? Apakah bisa dilalui dengan mudah?

Bicara soal puasa Ramadan yang berlangsung selama sebulan penuh, biasanya awal-awal pelaksanaannya dirasakan begitu berat, terlebih saat harus meninggalkan berbagai kebiasaan seperti makan dan minum, dan kebiasaan buruk diri yang mudah tersulut emosi dan bergosip.

Nah, beberapa hal di atas tak dipungkiri begitu nyata terjadi dikehidupan sehari-hari ya, dan tak sedikit yang merasa jika kebiasaan buruk yang sering dilakukan begitu disadari menjadi pengganggu ibadah puasa Ramadan yang dijalani.

Contohnya saja, saat ada rekan kantor yang mengganggu dan membuat gaduh suasana kerja dan membuat konsentrasi menjadi buyar. Hal semacam ini saja kadang bisa membuat seseorang merasa emosi karena terganggu. Tapi, kalau kamu juga mengalami kondisi seperti ini, usahakan untuk tahan emosi ya, ingat lagi puasa.

Godaan berpuasa pun tak hanya sampai di situ. Kadang di awal-awal puasa dan berada di tengah terik matahari, pikiran untuk membatalkan puasa karena rasa haus yang buat tenggorokan terasa kering pun muncul. Iya nggak?

Nah kadang masalah yang receh-receh ini bisa sangat mengganggu ibadah puasa Ramadan. Namun, ada yang menyebut jika godaan-godaan itu muncul hanya karena tak terbiasa. Benar nggak sih? Bagaimana menurutmu?

1 dari 3 halaman

Godaan Receh Bisa Sirna

Terkait masalah di atas, Bintang.com pun mengumpulkan berbagai pendapat perempuan-perempuan dari berbagai latar bekang usia dan pekerjaan. Benar nggak sih beratnya menjalani puasa dan godaannya itu cuma soal kebiasaan?

Ya, kebanyakan perempuan setuju jika godaan-godaan terlebih yang terkait emosi dan perasaan itu bisa diatasi dengan mudah, saat seseorang sudah mulai terbiasa menjaga ibadah puasanya.

Ya, saat menjalankan ibadah puasa seseorang memang dituntut untuk bisa menahan emosi, hawa nafsu, dan menahan diri untuk makan dan minum mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Dengan niat ibadah yang kuat dan istiqomah melatih diri, tentu godaan-godaan yang datang bisa dilewati dengan mudah ya.

2 dari 3 halaman

Positifnya Berpuasa

Meski kini terasa berat menjalani puasa di awal Ramadan, sebagai muslim yang baik tentunya harus mampu melewati semua godaan ya. Apalagi mengingat banyaknya manfaat puasa untuk diri.

"Puasa itu kayak latihan memperbaiki diri. Menurut aku, kalau niatnya ibadah dan dilakukan sungguh-sungguh sih semua godaan bisa dilewati dengan mudah. Bisa karena biasa. Makanya sering-sering puasa," - Dita, Mahasiswi.

"Menjalani puasa Ramadan awalnya memang sulit, tapi kalau sudah terbiasa semuanya akan mudah. Puasa juga ngajarin kita buat sabar, apalagi buat yang gampang emosian. Terus, puasa juga bisa bikin kita ngerem buat ngomongin orang," - Melia, Karyawan Swasta.

Nah, masih mau menyerah menjalani puasa di awal Ramadan? Semua godaan akan mudah dilalui, bisa karena terbiasa. Semangat ya!

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti