Sukses

Viral

Kisah Inka Kusmayanti, Anak Penggali Kubur yang Diterima di Unpad

Bintang.com, Jakarta Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPT) 2018 yang ditunggu-tunggu telah menjadi kabar baik untuk siswi asal SMA 1 Cimahi, Inka Kusmayanti, seorang anak dari penggali kubur yang kini sosoknya menjadi viral dan inspiratif setelah dirinya dinyatakan lulus Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad)

Ya, ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan, mengingat Inka berhasil lolos seleksi masuk Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, mengalahkan ribuan peserta lainnya.

Kisah kesuksesan Inka pun menjadi inspirasi, terlebih setelah saat mengeetahui jika sehari-hari, gadis ini begitu mensyukuri hidupnya sederhana bersama sang ayah yang berkerja serabutan, termasuk menjadi penggali kubur.

Berkisah tentang perjuangannya menempuh pendidikan, Inka menyebut, meski sang ayah tak selalu bekerja karena memiliki penyakit asma yang membuatnya tak bisa melakukan pekerjaan berat, gadis asal Cimahi itu mengatakan hidupnya tak kekurangan.

Begitu juga soal biaya sekolahnya selama menenyam bangku SMA, di mana ia menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), untuk mendapatkan biaya gratis selama bersekolah. Terkait kebutuhan kuliahnya di Fakultas Kedokteran Unpad ia akan mengajukan beasiswa bidikmisi dan yakin akan ada rezeki yang akan membantunya menyelesaikan studi di sana.

2 dari 2 halaman

Optimisme Sang Putri Penggali Kubur

Saat mengetahui dirinya lolos FK Unpad, Inka tak percaya hal itu terjadi padanya. Gadis yang juga berhasil mengikuti Olimpiade Sains Nasional ini pun sempat merasa ragu jika ia bakal di terima di fakultas dan universitas favorit itu.

Meski begitu, satu hal yang bisa diteladani dari sosok Inka, yaitu keyakinan dan optimismenya jika akan selalu ada jalan untuk mencapai kesuksesan meski berada dalam keterbatasan, agaknya perlu dicontoh banyak orang, agar lebih semangat menjalani hidup.

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti