Sukses

Viral

Kata Perempuan: Tergiur Profesi PNS Demi Kelancaran Kehidupan Rumah Tangga?

Bintang.com, Jakarta Dewasa ini, di tengah tingginya tuntutan gaya hidup rasanya sangat aneh jika seorang perempuan tak memanfaatkan peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Seiring dengan kebutuhan tersebut, impian perempuan untuk bisa memiliki penghasilan sendiri dan bisa memiliki kehidupan seimbang untuk mengurus keluarga, agaknya masih menjadi mimpi bagi sebagian kaum hawa.

Ya, meski bekerja, kenyataannya perempuan yang sudah berkeluarga tak bisa meninggalkan kodratnya untuk tetap mengurus keluarga. Demi kelancaran kehidupan karier dan keluarga, apa benar menjalani profesi menjadi PNS adalah pilihan terbaik?

Terkait pertanyaan tersebut, Bintang.com pun mencoba mencari jawabannya dengan menghimpun pendapat-pendapat perempuan dari berbagai usia, latar belakang dan profesi, dan sebagian besar jawabannya adalah tak semua perempuan setuju, akan hal tersebut meski berbagai tunjangan untuk PNS menanti hingga hari tua.

Sehubungan dengan tunjangan yang di terima PNS, melansir laman Liputan6, pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla telah mengeluarkan kebijakan yang menjadi kabar gembira bagi para pengabdi negara di tahun 2018.

Apartemen khusus bagi PNS, Tunjangan Hari Raya (THR) yang lebih besar, THR untuk pensiunan PNS, dan jatah cuti istri melahirkan untuk pegawai pria, mejadi deretan kabar baik yang menggiurkan. Kalau kamu sendiri bagaimana, tertarik untuk menjalani profesi sebagai PNS?

2 dari 3 halaman

Pandangan Perempuan Soal Profesi PNS

Ada sebagian perempuan yang begitu menginginkan profesi PNS dengan berbagai alasan. Jam kerja yang teratur, lembur berbayar, jatah pensiun di hari tua, dan minimnya risiko PHK menjadi alasan banyak perempuan menidamkan profesi ini.

Selain itu, untuk kebutuhan materi, menjalani profesi sebagai pengabdi negara rupanya juga menjadi nilai tersendiri. "Karena menjadi PNS bisa menjadi menjadikan diri sebagai bagian dalam proses membangun bangsa ini secara langsung dari dalam sistem," ujar Ratu Devi (26), Entrepreneur.

Dilain hal, bagi sebagian perempuan, profesi sebagai PNS pun bukan sebuah pekerjaan idaman. Alasannya pun beragam, mulai dari ketidaksiapan bekerja secara terikat, juga dianggap membosankan karena mengerjakan pekerjaan yang sama secara terus menerus.

3 dari 3 halaman

Perempuan lebih pilih bekerja atau di rumah?

Bagi perempuan masa kini, pilihan untuk terus menerus berada di rumah untuk mengurus keluarga sepertinya bukan pilihan favorit. Meski di sadari berada di rumah dan mengurus keluarga adalah pekerjaan mulia, namun pilihan untuk lebih produktif di luar rumah dan tetap bisa mengurus keluarga tanpa harus terus berada di rumah agaknya menjadi pilihan mayoritas perempuan.

"Idealnya kerja sih di era sekarang. Selain nambah penghasilan, juga nambah wawasan tentang dunia luar. Jadi perempuan ya mesti banyak-banyak bergaul, biar tahu kehidupan luar gimana, tentunya biar nggak dibohongin anak. Risiko anak yang tumbuh di era milenial ya rentan pergaulan bebas," - Regina (25), Editor.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti