Sukses

Viral

Cara Cepat Dapat Tiket Kereta Api Lebaran, Jangan Sampai Kehabisan Lagi

Bintang.com, Jakarta Kurang dari dua bulan waktu libur lebaran akan tiba. Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, kamu yang ingin pergi mudik sudah dapat tiket kereta ke kampung halaman? Buat kamu yang sempat kehabisan tiket kereta api jangan putus asa, karena ada kerta tambahan yang disiapkan oleh  PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (daop) 5 Purwokerto mempersiapkan 12 kereta tambahan lebaran 2018 atau 24 perjalanan per hari.

Mulai Senin, 16 April 2018, pukul 00.01 WIB, tiket kereta tambahan lebaran sudah bisa diperoleh calon pemudik. Masyarakat dapat memperoleh tiket lebih cepat dengan merencanakan mudik lebih awal.

Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, 12 kereta tersebut berkapasitas 13.436 kursi (seat) per hari. Seluruhnya dijual serentak mulai Senin kemarin.

Terkait tiket kereta api tambahan, ada 12 nama kereta yang berangkat dan melintas di Daop 5 Purwokerto yaitu, Argolawu relasi Gambir-Solo, Argo Dwipangga Gambir-Solo, Taksana Gambir-Yogyakarta, Sawunggalih Pasarsenen-Kutoarjo, Gajayana Gambir-Malang, Purwojaya Gambir-Cilacap, Lodaya Bandung-Solo.

2 dari 3 halaman

Waktu Operasional Kereta Tambahan

Kereta tambahan lebaran 2018 lainnya, yakni KA Pasundan jurusan Kiara condong-Surabaya Gubeng, Kutojaya Utara Pasarsenen-Kutoarjo, Kutojaya Selatan Kiaracondong-Kutoarjo, Taksaka Pagi Gambir-Yogyakarta, dan Mataram Premium relasi Pasarsenen-Lempuyangan.

“Untuk yang dari Daop 5 ada 5600-an ketambahan dari Daop lain sehingga jumlahnya mencapai 13.436 kursi untuk seluruh kereta pemberangkatan dari Daop 5 dan melintas di Daop 5,” Ixfan menjelaskan soal kereta tambahan Lebaran 2018, saat dihubungi Liputan6.com, Senin, 16 April 2018.

12 KA tambahan lebaran 2018 tersebut akan mulai beroperasi di tanggal yang berbeda. Sebagian besar KA mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018.

Tetapi sebagian KA lainnya dijadwalkan beroperasi lebih awal, misalnya Mataram Premium yang sudah mulai beroperasi mulai tanggal 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018.

Masyarakat dapat memesan tiket KA tambahan dengan cepat melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

3 dari 3 halaman

Beragam Program KAI di Masa Mudik Lebaran 2018

KAI juga memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Sistim keamanan diperkuat dengan meng-upgrade sistem firewall untuk mengurangi risiko gangguan sistem teknologi informasi (IT) serta mengoptimalkan server penjualan tiket KA.

Menjelang lebaran 2018, KAI Daop 5 Purwokerto juga bakal mendirikan Posko Angkutan Lebaran 2018. Posko akan dibuka selama 22 hari mulai tanggal 5 Juni sampai dengan 26 Juni 2018 mendatang.

Selama masa berlakunya posko, kinerja seluruh pegawai PT KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan penumpang di stasiun-stasiun. Mereka bahkan harus menunda liburan untuk menikmati lebaran bersama keluarga demi melayani pelanggan.

“Pegawai tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan atau ditunda terlebih dahulu,” dia menegaskan.

PT KAI Daop 5 juga akan menggelar program pembagian takjil dan makan gratis untuk berbuka puasa dan sahur bersama. Program pembagian makan gratis ini akan berlaku untuk penumpang pada masa sepuluh hari puasa terakhir.

 

Penulis: Muhamad Ridlo

Sumber Foto: Liputan6.com

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti