Sukses

Viral

Termahal di Dunia, Ini 5 Fakta Uni Kopi Luwak Khas Indonesia

Bintang.com, Jakarta Menikmati secangkir kopi kini menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan. Sambil bercengkrama dengan orang-orang terdekat, menikmati kopi kerap kali menjadi cara seseorang melepaskan penat. Apalagi kalau kopi yang diminum memiliki rasa dan kenikmatan yang tak biasa.

Bicara tentang dunia perkopian, Indonesia memang dikenal memiliki berbagai macam jenis kopi dengan kelezatan khas yang berbeda-beda. Salah satu yang selalu mencuri perhatian adalah kopi luwak. Tentunya KLovers sudah nggak asing dong, dengan jenis kopi yang konon memiliki predikat kopi termahal di dunia? Atau justru kamu termasuk penggemar beratnya?

Jenis kopi yang satu ini telah tersohor kenikmatannya. Kopi luwak memiliki aroma dan kelezatan yang khas karena dihasilkan dari proses alamiah hewan sejenis musang bernama luwak. Nggak heran kalau kualitas dan harganya beda banget bila dibandingkan dengan kopi biasa. Tertarik untuk mendeklarasikan diri sebagai penggemar kopi luwak? Ups, ketahui beberapa fakta unik berikut dulu, yuk!

Proses Pembuatan Kopi Luwak

Kenikmatan kopi luwak yang tersohor dihasilkan dari proses alamiah luwak. Binatang sejenis musang itu dikenal memiliki indra penciuman yang tajam sehingga dapat membedakan mana biji kopi yang bagus dan tidak. Uniknya, hewan ini cuma mau makan biji kopi yang sudah benar-benar matang. Cita rasa sempurna seperti inilah yang bikin harga kopi luwak nggak mungkin murah.

Indonesia Itu Negara dengan Tingkat Produksi Kopi Luwak Terbanyak

Kopi luwak sebenarnya adalah produk asli Indonesia yang ditemukan dan sudah ada sejak abad ke-19. Namun, berkat kelezatannya yang tersohor, kini produksinya pun mulai tersebar di negara-negara tetangga, seperti Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Dan makin membanggakan, ternyata Indonesia merupakan negara dengan produksi kopi luwak tertinggi di dunia. Tiap tahunnya, kurang lebih ada 200 kg kopi luwak yang diproduksi. Meski begitu, kuantitas kopi luwak di negeri ini tetap terbatas. Oleh karena itu, harganya cukup mahal di pasaran.

2 dari 2 halaman

Kopi Luwak Memiliki Banyak Sekali Manfaat

Kopi luwak juga memiliki bermacam manfaat buat kesehatan. Jadi, beruntunglah apabila kamu termasuk orang yang gemar mengonsumsi kopi termahal itu. Pengin tahu apa saja khasiat dari kopi luwak? Minuman dengan cita rasa unik nan memanjakan ini ditengarai dapat mencegah kanker payudara, diabetes, batu empedu, meningkatkan stamina, serta memproteksi kulit, mulut, dan gigi.

Kopi Luwak Adalah Kopi Termahal di Dunia

Mengingat cita rasanya yang begitu premium, nggak mengherankan jika kopi luwak didapuk sebagai kopi termahal di dunia. Fakta tersebut bahkan sudah dicatatkan dalam Guinness Book of Record, lho. Kalau nggak percaya, kamu bisa bikin perbandingan sendiri, deh.

Di Amerika, jenis kopi yang satu ini harganya bisa mencapai 10 juta per kilo. Yang lebih spektakuler lagi, di Inggris kopi luwak bisa dihargai sampai 70 poundsterling atau setara dengan 10 juta rupiah per kilonya! Makanya, kamu mesti hati-hati ya, dengan kopi-kopi yang mengaku sebagai kopi luwak tapi dijual dengan harga murah. Taste dan aromanya pasti kalah deh, dengan kopi luwak yang sesungguhnya.

Proses penciptaannya nggak biasa, cita rasanya benar-benar memanjakan lidah, dan manfaat buat kesehatannya pun sangat mencengangkan. Nggak heran kalau kopi luwak memiliki harga yang tinggi dan paling dicari. Tapi kalau sudah sekali merasakan kenikmatan premium taste-nya, dijamin ketagihan!

Mulai sekarang, ngopi jangan sekadar ngopi, tapi rasakan juga cita rasa kopi yang sebenarnya dengan menikmati kopi luwak khas Indonesia yang sesungguhnya!

 

Penulis: Ayu Miranti

Sumber: Kapanlagi.com

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti