Sukses

Viral

Terus Mendunia, Ini Bukti Pesona Batik yang Tak Lekang oleh Waktu

Bintang.com, Jakarta Batik begitu istimewa dan menjadi warisan bangsa Indonesia yang sangat dicintai, terlebih setelah UNESCO menetapkannya sebagai warisan budaya dunia dan di tetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Di Indonesia sendiri, sejak dulu batik pun menjadi barang mewah yang tak boleh dikenakan sembarangan. Ya, sekarang kamu memang bisa memakai batik dengan bebas, tapi dulu ada aturan tersendiri untuk mengenakannya.

Penentuannya pun beragam, di mana keturunan, jabatan dan kesempatan menentukan motif batik seperti apa yang boleh dikenakan oleh seseorang. Bahkan dalam sebuah acara, ada motif batik tertentu yang harus dipakai atau dilarang untuk digunakan.

Bicara soal batik, kamu tahu nggak sih kalau pesonanya sudah mendunia. Saat ini bisa dibilang batik menjadi salah satu warisan yang digemari dunia, mengingat ada banyak pemimpin dunia hingga selebriti Hollywood pernah mengenakan batik di berbagai acara penting. 

Sebut saja Nelson Mandela, Mantan Presiden Afrika Selatan ini begitu lekat dengan batik. Melansir laman Liputan6, ia kerap menggunakan batik di berbagai acara yang ia hadiri. Warga Afrika Selatan pun tertarik untuk mengenakannya, namun mereka sempat merasa sungkan untuk memakai batik karena tak mau menyamai sosok Mandela yang kerap dianggap Tuhan.

Namun itu hanya kisah masa lalu, setelah Nelson Mandela lengser dari kursi Presiden, masyarakatnya pun mulai memakai batik di berbagai acara. 

Nelson Mandela menegnakan batik pada Piala Dunia 2010. (Sumber Foto: Ghana Soccer Net)

Nggak cuma Nelson Mandela, Mantan Presiden Amerika Barack Obama, dan tokoh dunia lain sepert Vladimir Putin, John Kerry pun mengenakan batik. Selebriti dunia seperti Tom Cruise, Jessica Alba, Julia Roberts dan Heidi Klum pun pernah memakai batik. Sebagai orang Indonesia tentunya kamu harus bangga untuk mengenakan batik.

Popularitas Batik pun terus berkembang dan mendunia,di mana banyak orang Amerika yang tertarik untuk mempelajari batik hingga cara pembuatannya, keren ya! Pokoknya kamu nggak kekinian kalau belum pakai batik.

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti