Sukses

Viral

Fungsi Unik Kain Sarung di Indonesia

Bintang.com, Jakarta Gaya busana Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) selalu mencuri perhatian publik. Setelah jaket dan sandal, kini kain sarung yang dikenakan Jokowi menjadi perbincangan hangat di media sosial. Netizen memusatkan perhatian pada sarung yang dikenakan oleh Jokowi saat melaksanakan kunjungan ke Pekalongan, Minggu (8/1/2017).

Mengenakan peci, sandal, dan sarung, Jokowi terlihat asyik menyapa masyarakat Pekalongan. (Foto: Twitter)

Sarung Jokowi pun diburu. Banyak netizen menanyakan merk dari kain sarung yang dikenakanya. Bahkan, kain sarung juga sampai dilirik para perancang busana tanah air untuk menjadi bagian dalam karya mereka.

Sejatinya, kain sarung yang berasal dari Yaman ini, telah lama dikenal masyarakat di Indonesia, dan menjadi ciri khas berbusana sebagian masyarakat Indonesia. Terutama, untuk umat muslim, kain sarung dijadikan pelengkap untuk beribadah.

Namun, sarung nyatanya tak semata menjadi bagian dari pelengkap salat saja. Sarung bisa multi fungsi. Berikut beberapa fungsi lain dari kain sarung.

Selimut

Karena sering melekat di tubuh, sarung untuk sebagian orang dimanfaatkan sebagai selimut saat tidur.

Topeng ninja

Anak laki-laki yang suka mengenakan sarung, pasti sudah pernah melakukannya. Ya, sarung dijadikan untuk penutup kepala agar terlihat seperti ninja.

Kain sarung | foto : istimewa

Senjata

Kain sarung dililit, kemudian layaknya cambuk dihantamkan kepada lawannya. Biasanya anakanak yang sering menjadikan kain sarung sebagai senjata saat main perang-perangan.

Jubah Superhero

Cukup dengan mengikat sarung di leher, sarung berubah jadi jubah superhero layaknya Superman.

Pembungkus pakaian

Permukaan sarung yang luas digunakan sebagian orang untuk membungkus pakaian saat bepergian.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Dadan Eka Permana
    Author
    Dadan Eka Permana