Sukses

Viral

Mengenang Alex Kumara, Tokoh Pertelevisian Indonesia

Bintang.com, Jakarta Salah seorang pelopor televisi swasta di Indonesia, Alex Kumara, menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 09.22 WIB. Di akun Facebook Alex Kumara, terlihat beberapa netizen memberikan ucapan belasungkawa. Andre salah satu anak dari Alex Kumara membenarkan kabar duka tersebut. “Iya, meninggalnya di rumah,” ujar Andre saat dihubungi Bintang.com.

Jenazah Alex akan disemayamkan di rumah duka, Jalan Siaga Baru III Kav. 9, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Semasa hidupnya Alex Kumara dikenal sebagai jagoan bisnis televisi karena hampir separuh hidupnya ia habiskan untuk bergelut dengan industri televisi. Ia adalah salah satu orang yang diketahui membidani kelahiran RCTI, SCTV, TransTV, hingga TVOne.

Alex Kumara 

Ia juga pernah berkiprah di TVRI. Yang terakhir, ia juga pernah Direktur Teknik B Channel yang sekarang sudah berubah nama menjadi RTV. Pria kelahiran 21 September 1950 ini memang banyak diakui sebagai ahli teknik terbaik di bidang pertelevisian di negeri ini. Alex juga ikut membidani kelahiran televisi swasta pertama di Indonesia, RCTI, di tahun 1989.

Lulusan Fakultas Teknik Elektro Universitas Trisakti ini sempat pensiun dari dunia televisi pada 2009 dan bekerja di Metropolitan Televisindo. Namun di tahun 2011, ia kembali ke televisi dengan bergabung di B Channel yang masih satu atap dengan Metropolitan.

Alex Kumara menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 24 November 2016.(Foto: Facebook: Alex Kumara)Seperti dilansir dari sebuah media online, Alex saat itu mengatakan tak akan lama berkiprah di B Channel karena ingin memberi kesempatan kepada mereka yang lebih muda. Selaim di televisi, Alex juga menyukai bidang musik. Bisa jadi ini karena pertemanannya dengan penyanyi legendaris Indonesia yaitu mendiang Chrisye.

Alex pernah menjadi penata rekam album Guruh Gipsy yang dimotori oleh Chrisye dan Guruh Soekarno Putra. Alex Kumara juga berjasa mendatangkan musisi dunia David Foster untuk tampil di televisi Indonesia dengan membawakan lagu-lagu hitsnya pada 1994 lalu.

Saat itu David tampil diiringi Twilite Orchestra pimpinan Adhie MS. Hari ini, Kamis (24/11/2016) dunia pertelevisian Indonesia berkabung dengan kepergian Alex Kumara untuk selama-lamanya di usia 66 tahun.

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Henry Hens
    Author
    Henry Hens