Sukses

Viral

8 Tips Belajar yang Penting Diketahui oleh Para Mahasiswa

Bintang.com, Jakarta Sebagai mahasiswa, belajar adalah salah satu hal yang masih wajib untuk dilakukan. Membaca ulang materi yang diberikan dari dosen di rumah untuk menguasai mata kuliah yang diberikan. Namun, mengulang materi saja tidak cukup, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk menciptakan belajar yang nyaman dan lebih fokus. Apa saja, ya?

Kunyahlan permen karet. Dengan mengunyah permen karet saat kuliah, kamu bisa meningkatkan memori dan fokusmu.

Rekam suara dosenmu. Bukan maksud untuk membudayakan malas. Namun, merekam suara dosen yang sedang diucapkan oleh dosen memberikan kamu peluang untuk selalu ingat apa yang dikatakan dosen dengan memutarnya. Mungkin, kamu juga bisa membuat intisari dari materi yang diberikan.

Kalau kamu mengetik pakai laptop, ketiklah pakai jenis huruf Times New Roman. Sebab, tipe huruf ini sangat mudah dan cepat dibaca.

Pakai huruf Times New Roman (Via: youtube.com)

Letakkan makanan ringan di bukumu sebagai pemberat di bagian tengah-tengah. Agar kamu nggak perlu capek-capek memegangi buku yang ingin tertutup.

Letakkan makanan di atas buku saat kamu membaca di bagian tengah. (Via: youtube.com)

Kalau kamu suka mendengarkan musik saat belajar, pilih suara instrumental saja. Sebab, suara vokal bisa merusak memorimu saat belajar.

Pilih tempat belajar yang nyaman. Tempat yang asyik bisa meningkatkan memorimu saat belajar. Dengan begitu, banyak materi yang bisa kamu pahami dengan baik pula.

Melakukan tes ulang. Kamu bisa mengerjakan soal latihan di buku pelajaran, atau meminta dosenmu memberi soal-soal baru untuk kamu kerjakan di rumah. Hal tersebut bisa membantumu dalam mengembalikan informasi yang telah diberikan.

Istirahat. Tidur yang cukup agar tubuhmu siap untuk beraktifitas kembali esok hari.

Selamat belajar! :D

Baca juga: Belajar dari B.J Habibie, Begini Caranya Tingkatkan Produktifitas

Kredit

  • Cica
    Author
    Cica