Sukses

Food & Travel

Menyelami Laut Bersama Iringan Para Manta di Manta Point

Bintang.com, Jakarta Labuan Bajo menyimpan eksotisme alam yang mengagumkan. Apalagi sejak ditetapkan sebagai salah satu destinasi utama pariwisata Indonesia, Labuan Bajo kian bersolek. Infrastruktur wisata dibenahi perlahan, turis dari berbagai negara pun makin banyak yang berdatangan. Selain bentang alamnya yang menarik, Labuan Bajo terkenal sebagai destinasi dengan banyak pulau eksotis. Di sekitar Labuan Bajo pula, tepatnya di Pulau Rinca dan Komodo, salah satu reptil terbesar di dunia, Komodo, dapat dijumpai langsung di habitatnya. Menariknya selain atraksi di darat, Labuan Bajo juga punya daya tarik lain di laut. Salah satu atraksi yang bisa kamu nikmati sebagai pecinta bahari adalah berenang bareng manta. Ingin tahu lebih banyak tentang manta point di Labuan Bajo? Mari simak beberapa fakta menariknya berikut ini.

Ada di Loh Liang

Manta point di Labuan Bajo tepatnya berlokasi di Loh Liang, Taman Nasional Komodo. Tempat tersebut bisa ditempuh sekitar 25 menit dari Pantai Jambon atau Pink Beach. Seperti namanya, manta point menjadi lokasi yang cocok untuk bercengkerama langsung dengan ikan yang punya ukuran rata-rata 3 meter tersebut. Manta Ray pun bisa dilihat dari kapal, tetapi jika kamu jago diving bisa langsung menyelam untuk melihat dan menyentuh langsung para manta.

Tak Harus Bisa Renang untuk Melihatnya

Memang sayang banget jika sudah ke Manta Point tetapi tak ikut mencebur ke laut. Namun, tak perlu memaksakan diri jika kamu memang tak bisa renang. Sebab, selain bisa melihat dari kapal, manta-manta ini juga bisa dinikmati dengan snorkeling yang tentunya didampingi guide profesional.

Jangan Panik Saat Berjumpa Manta

Sebaliknya, jika kamu hendak memutuskan diving, pastikan semua peralatan menyelammu berfungsi dengan baik. Ikuti arahan instruktur dengan baik. Manta Ray memang tidak berbahaya, tetapi usahakan untuk selalu menjaga jarak aman. Paling penting adalah selalu relaks, dan jangan panik. Dengan begitu, kamu bisa bercengkerama lebih intim dengan para manta, sekaligus tak mencelakakan diri.

Waspada Ubur-Ubur dan Arus Laut

Di mana ada manta di situ ada ubur-ubur. Ini karena spesies laut tersebut jadi makanan favorit manta. Maka dari itu, kamu perlu waspada dan sebisa mungkin pakai pakaian tertutup saat menyelam, agar tak tersengat ubur-ubur. Kemudian lagi, perhatikan arah arus. Manta point terkenal dengan arus laut yang cukup kencang. Ikuti arahan instruktur dan jangan melawan arus. Selain itu, juga jangan asyik foto sendiri, agar tak tertinggal jauh dari kelompok. Dengan begitu, pengalamanmu berjumpa manta akan menjadi lebih spesial. Setelah mengetahui beberapa fakta tersebut, kamu pun bisa segera menyusun rencana pergi ke Labuan Bajo. Apalagi kini maskapai Citilink telah menyiapkan rute Jakarta-Labuan Bajo PP yang akan terbang perdana pada 29 Oktober 2018 nanti. Kabar baiknya lagi, perjalananmu bersama Citilink jauh lebih hemat, dengan diskon pulang-pergi sebesar 10% serta poin ekstra 200 miles, buatmu yang telah lama menjadi anggota GarudaMiles. Dapatkan penawaran menarik lainnya dari Citilink di sini. Bagaimana, siap bertualang bersama para manta di Labuan Bajo?

Kredit

  • Gilar Ramdhani
    Author
    Gilar Ramdhani