Sukses

Food & Travel

Menu Istimewa Hotel Borobudur, Ketupat Lebaran

Bintang.com, Jakarta Setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan, umat muslim di seluru dunia akan merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Kalau tak ada perubahan, Lebaran di tahun ini akan jatuh pada 15 Juni 2018.

Salah satu tradisi yang lekat dengan Lebaran adalah bersilaturahmi dengan keluarga maupun teman sambil menyantap ketupat. Hampir semua orang makan ketupat di hari pertama Lebaran, ada yang memasak sendiri di rumah, dibuatkan orang lain, atau mungkin di restoran atau tempat tertentu.

Tempat yang menyediakan menu spesial ini diantaranya adalah Bogor Cafe di hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Selama bulan puasa, mereka menyajikan buffet beragam menu untuk sahur dan berbuka. Khusus di bulan Juni ini juga, Bogor Cafe menyediakan Betawi Buffet dalam rangka memperingati ulang tahun kota Jakarta ke-491 di tanggal 22 Juni.

Beragam menu khas Betawi bisa kita jumpai di bufet spesial ini, seperti gado-gado, asinan dan nasi uduk. Sedangkan untuk menyambut hari raya Idul Fitri, Hotel Borobudur menyediakan ketupat dengan tiga menu spesial yaitu Opor Ayam, Semur Daging dan Sayur Labu Siem.

Selain bisa menyantapnya di Bogor Cafe di tanggal 15 dan 16 Juni 2018, kamu juga bisa mencoba membuat sendiri di rumah. Kali ini Chef Supandi dari hotel Borobudur akan mengungkapan resep tiga menu spesial tersebut termasuk melalui video berikut ini.

1 dari 3 halaman

Opor Ayam dan Semur Daging

Opor Ayam

Bahan yang disiapkan:

Ayam (sekitar 1 kilogram), Bawang putih, Ketumbar, Sereh, Lengkuas, 2 lembar daun jeruk dan daun salam, santan, air dan minyak goreng secukupnya, garam, lada dan gula secukupnya.

Cara membuat:

1. Masak bawang putih bersama ketumbar, sereh dan lengkuas, lalu masukkan daging ayam.

2. Tambahkan air’lalu tunggu sampai mendidih. Masukkan daun jeruk dan daun salam. Terakhir masukkan santan dan masak sampai empuk.

3. Masukkan garam, lada dan gula merah buat penyedap. Setelah matang, Opor Ayam siap disajikan.

 

Semur Daging

Bahan yang disiapkan

Daging sapi (sekitar 1 kilogram), Bawang putih, Lengkuas, Bawang merah2 lembar daun salam dan daun jeruk, 200 ml air Gula merah, cengkeh, biji pala secukupnyaKecap manisKentang (sesuai selera)

Cara membuat:

1. Bawang putih, lengkuas, bawang merah dicampur lalu masak sampai harum.

2. Tambahkan daun salam dan daun jeruk, lalu masukkan daging sapi dan kentang . Masak sampai harum , lalu masukkan 200 ml air, gula merah, cengkeh dan biji pala.

3. Tunggu sampai 15 menit, lalu masukkan kecap manus dan kentang yang sudah matang biar lebih berwarna. Tambahkan bawang goreng agar aromanya lebih terasa.

2 dari 3 halaman

Sayur Labu Siem

Sayur Labu Siem

Bahan yang disiapkan: ½ kg labu siem, bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, 2 lembar daun salam dan daun jeruk, cabai merah dan cabai rawit, 100 gram tempe (dipotong dadu), kacang panjang secukupnya, santan, garam dan lada secukupnya,100 ml minyak goreng, 300 ml air.

Cara membuat:

1. Panaskan minyak goreng 100 ml untuk menumis bawang putih, bawang merah. Lalu masukkan kemiri dan lengkuas, masak sampai harum.

2. Setelah itu masukkan daun jeruk dan salam. Masukkan cabai yang sudah digiling (cabai merah dan rawit), labu siem, tempe dan kacang panjang, tunggu smapai bumbu meresap.

3. Setelah harum, masukkan 300 ml air, tunggu sampai mendidih masukkan santan, lalu berikan garam, lada dan gula secukupnya. Setelah itu taburkan bawang goreng secukupnya, tunggu 15 menit sampai semuanya matang, lalu masukkan ke wadah.

Ketupat lebaran spesial hotel Borobudur Jakarta siap dinikmati dengan opor ayam, semur daging dan sayur labu siem. Setelah berpuasa, mari kta selamat menikmati dan selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, mohon maaf lahir dan batin.

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens