Sukses

Food & Travel

5 Kuliner Favorit Berbuka Puasa di Pasar Benhil Jakarta

Bintang.com, Jakarta Saat bulan Ramadan atau puasa tiba, biasanya sejumlah pedagang, baik restoran maupun kaki lima, akan menjajakan berbagai macam menu takjil. Sebagian besar memang kuliner dengan cita rasa manis.

Namun tak jarang juga ada yang gurih dan menawarkan sensasi segar sekaligus. Selama bulan puasa biasaya ada banyak tempat yang menjual beragam kuliner untuk berbuka puasa. Ada yang sekedar menjual takjil, ada yang menjual lauk-pauk atau makanan berat, tapi ada juga yang menjulal takjil maupun makanan berat.

Salah satunya yang paling dikenal di Jakarta adalah Pasar Benhil (Bendungan Hilir) di kawasan Jakarta Pusat. Pasar Benhil termasuk kawasan favorit banyak orang dalam berburu kuliner berbuka puasa selama bulan Ramadan. Berikut ini ada lima jenis kuliner berbuka puasa di kawasan Pasar Benhil dengan harga cukup terjangkau dan rasanya yang enak tentunya.

1. Aneka Kue Jajanan Pasar

Ada berbagai macam kue di Pasar Benhil yang jadi pilihan banyak orang buat teman berbuka puasa. Sebagian besar bercita rasa gurih seperti lontong, risoles, lumpia dan pastel. Ada juga yang manis seperti kue dadar gulung, lumpur, kue pisang da kue bolu.

Harganya pun murah meriah mulai dari dua ribu sampai tiga ribu rupiah untuk satu buah kue. Hati-hati kalap berbelanja kue di sini karena memang banyak jenisnya, bikin lapar mata dan menggugah selera.

1 dari 5 halaman

2. Es Buah

Anjuran agar berbuka dengan yang manis, bisa kita nikmati d Pasar Benhil. Ada Es Blewah campur Kelapa Muda yang banyak diserbu pengunjung. Minuman yang menyegarkan ini rata-rata dihargai Rp 10 ribu. Selain itu ada juga Es Buah dan Es Mentimun. Bisa diminum langsung atau dibungkus.

2 dari 5 halaman

3. Aneka Kolak

Menu masakan Sumatera Barat yang khas cukup banyak dijumpai di Pasar Benhil. Misalnya saja kolak pisang dan kuliner manis lainnya, seperti bubur kampiun (campuran kolak pisang, pacar cina, bubur cendil, bubur sumsum, sarikaya dan ketan), dan lemang tapai yang terjadi dari proses pembakaran dalam tabung kayu. Harganya beragam, mulai dari Rp 7 ribu sampai Rp 15 ribu.

3 dari 5 halaman

4. Pempek dan Siomay

Makanan lain yang cukup mengenyangkan dan favorit untuk berbuka puasa di Pasar Benhil adalah Pempek Palembang, Siomay, Batagor dan Otak-otak. Jenisnya pun beragam dan harganya bervariasi mulai dari Rp 7 ribu sampai Rp 20 ribu.

4 dari 5 halaman

5. Masakan Padang dan Gudeg

Buat yang suka makanan berat atau lauk buat berbuka puasa, Pasar Benhil juga menyediakan beragam lauk yang menggugah selera. Sebagian besar adalah masakan khas Padang seperti rendang, gulai ikan, ayam dan ikar bakar.

Salah satunya adalah ayam dan ikan bakar Sinar Surya yang banyak diminati pengunjung. Selain itu ada masakan khas Yogya yaitu Gudeg, serta nasi pecel yang juga banyak disukai mereka yang datang ke Pasar Benhil. Harganya mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 60 ribu.

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens