Sukses

Celeb

Kiat Para Artis Terhindar dari Godaan Narkoba Seperti Dialami Steve Emmanuel

Bintang.com, Jakarta Di tahun 2018 ini cukup banyak artis Indonesia yang tertangkap karena menggunakan narkoba. Yang terbaru adalah Steve Emmanuel yang diciduk pihak berwajib karena menggunakan narkoba pada 26 Desember kemarin di Jakarta.

Tertangkapnya Steve Emmanuel di penghujung tahun membuat miris berbagai kalangan termasuk seorang pengamat perilaku selebriti, Lutfi JW.  Pria yang juga dikenal dekat dengan beberapa selebriti, diantaranya Jessica Iskandar, memberikan lima tips bagi para artis agar terhindar dari ‘rayuan maut’ narkoba.

"Dengan kembali maraknya artis yang tertangkap karena narkoba, saya jadi punya teori tersendiri tentang tips jitu bagi artis yang ingin terhindar dari jerat narkoba. Ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya berteman dengan sejumlah artis", ujar Lutfi, saat ditemui di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

 

Yang pertama adalah, mencari teman dan lingkungan yang sehat dan mengajak kebaikan. Kedua, pikirkan dan fokus pada karya dan prestasi, bukan kaya dan gengsi. Yang ketiga, fokus mencurahkan cinta dan kasih sayang pada siapa saja atau orang yang disayangi, seperti istri/suami, anak atau keluarga.

Keempat, lakukan meditasi ringan setiap hari. Dan yang kelima, sedekah rutin dan memelihara anak yatim. "Teman dan lingkungan adalah faktor utama perubahan bagi siapa saja dalam menjalani kehidupan. Faktor ini besar pengaruhnya dalam membentuk pola pikir dan kebiasaan,” terangr Lutfi.

"Ifan Seventeen adalah contoh untuk point yang pertama. Ifan beberapa tahun terakhir memilih lingkungan dan teman teman yang Islami, sehingga vokalis band Seventeen ini tak kena narkoba hingga kini", sambungnya.  Lutfi juga memberikan role model atau contoh untuk point yang kedua fokus tentang karya dan prestasi.

Salah satunya adalah Anggun, penyanyi Indonesia yang namanya sudah mendunia yang selalu fokus pada karya dan prestasi. Jessica Iskandar adalah contoh yang baik untuk poin ketiga. Wanita yang akrab disapa Jedar ini dianggap fokus mencurahkan hidup dan kasih sayangnya untuk sang buah hati. Ini bisa menjadi pemicu preatasi dan menghindarkan dari perbuatan tercela, seperti mengkonsumi narkoba.

 

"Orang yang terbiasa mencurahkan kasih sayang pada orang lain, otaknya lebih jernih dan hatinya bersih hingga mampu menolak ajakan yang buruk,”, tukas Lutfi. Faktor lainnya adalah meditasi yang bisa membuat jiwa lebih nyaman. Meditasi juga membuat tubuh dan otak lebih optimal bekerja hingga bisa mendukung pencapaian prestasi.

Lutfi mencontohkan sejumlah artis yang menyukai yoga dan meditasi yaitu Sophia Latjuba, Olla Ramlan dan Pevita Pearce.  Sedangkan untuk faktor kelima, role model yang dianggap pas adalah almarhum Olga Syahputra.

"Almarhum Olga sangat sering bersedekah dan punya anak asuh terutama anak yatim. Sedekah dan anak yatim membuat hati dan rejeki berjalan pada track yang benar", tegas Lutfi. Ia berharap, akan semakin banyak artis yang mengukir prestasi dan mengharumkan nama bangsa hingga menjadi inspirasi bagi masyarakat dan generasi muda.

 

Kredit

  • Anto Karibo
    Author
    Anto Karibo