Sukses

Celeb

Pafindo Dukung Kemendikbud di Gelar Karya Film Pelajar 2018

Bintang.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ,melalui satuan pelajar pusat pengembangwn perfilman menyelengarakan Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) tahun 2018. Hal ini merupakan bentuk penguatan pendidikan karakter pelajar Indonesia melalui dunia perfilman.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Kemendikbud dan Kemenko Kemaritiman, dan digelar pada 22-24 November 2018 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A-Kemendikbud, Jakarta Pusat . Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, secara resmi membuka acara GKFP 2018 yang mengambil tema Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Film, di Auditorium Kemendikbud, Kamis (22/11/2018).

Acara yang dihadiri sejumlah peserta yang terdiri dari komunitas pelajar peserta GKFP 2018, organisasi perfilman Pafindo, Sinematek, KFT, dan LSF. yang tergabung di Badan Perfilman Indonesia (BPI).Beberapa artis senior seperti Gerry Iskak, Rency Milano dan Rony Dozer, terlihat bergabung dalam kemeriahan booth Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo).

Booth tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum Pafindo, Gion PrabowoMendikbu Muhadjir Efendi, turut mengunjungi booth Pafindo. Ajang ini pun menjadi kesempatan emas bagi Pafindo untuk memperkenalkan organisasinya yang baru berumur dua tahun kepada Mendikbud.

“Lewat ajang ini, kita berkesempatan memperkenalkan organisasi Pafindo kepada pak Muhadjir. Setelah menjelaskan, beliau kian mengetahui apa itu Pafindo. Dan, memang sudah selayaknya Pafindo kian dikenal luas ke masyarakat banyak," ucap Gion kepada para wartawan di sela-sela acara.

Menurut Gion, Pafindo adalah satu-satunya organisasi film yang lengkap dan berisi orang-orang dengan berbagai profesi. Mulai dari aktor, aktris, anggotanya, sutradara, penulis cerita, editor, kameramen, serta semua profesi yang menyangkut tentang dunia film.

"Selama kegiatan ini berlangsung, kami juga membuka workshop ringan tentang film dan memberikan keterangan soal hukum seluk beluk dalam ikatan kerja orang film," smbung Gion.Menyinggung acara Gelar Karya Film Pelajar 2018 yang kedua kalinya, Gion menegaskan bahwa ia sangat mendukung kegiatan ini. 

Pafindo sendiri di awal 2019 nanti akan memproduksi film genre horor terbaru dengan judul Ratu Kuntilanak. Di ajang GKFP 2018 ini, ada 314 film karya pelajar diikutsertakan. Terdapat jenis fiksi sejumlah 242 film dan dokumenter sebanyak 72 film yang saling berkompetii untuk menjadi yang terbaik.

 

Kredit

  • Puput Puji Lestari
    Author
    Puput Puji Lestari