Sukses

Celeb

5 Lagu Pop yang 'Diam-Diam' Ternyata Religius

Bintang.com, Jakarta Bulan suci Ramadan biasanya diwarnai oleh para musisi yang merilis agu religi. Mereka menebarkan kebaikan melalui seruan-seruan yang tertuang dalam lirik dan musik.

Lagu religi biasanya memiliki lirik yang lebih lugas atau harfiah. Dalam liriknya kerap mengagungkan Sang Pencipta, para nabi atau seruan kepada manusia untuk beribadah.

Namun di sisi lain ada juga karya yang 'berbau' religi. Biasanya lagu yang masuk di kategori ini tidak mengungkap secara eksplisit mengenai keagamaan, melainkan dengan kalimat-kalimat yang disusun sedemikian rupa.

Benarkah lagu-lagu pop para musisi tanah air ini mengandung unsur religi? Mari kita bahas lebih lanjut.

1 dari 6 halaman

1. Tak Ada yang Abadi - Peterpan

Tahun 2014 NOAH, yang saat itu masih bernama Peterpan merilis sebuah tembang yang bernuansa lain dari lagu mereka lainnya. Tak Ada yang Abadi menjadi lagu renungan yang menggambarkan betapa di dunia ini memang tiada yang kekal.

Banyak fans yang menafsirkan bahwa lagu ini mengandung unsur religi yang cukup kuat. Ariel mampu menuliskan lirik dengan kata-kata yang penuh arti dan kadang susah ditebak.

2 dari 6 halaman

2. Sandaran Hati - Letto

Grup musik asal Yogyakarta ini dikenal dengan syair-syairnya yang romantis. Namun sebagian orang mungkin belum sadar jika keromantisan itu membicarakan tentang hubungan manusia dengan Sang Pencipta.

Sandaran Hati dari Letto termasuk salah satu yang paling jelas menggambarkan kedekatan itu. Di bagian reff, "Teringat ku teringat, pada janjimu ku terikat, hanya sekejap ku berdiri, kulakukan sepenuh hati' diartikan ibadah, dalam hal ini sholat.

Dalam sebuah wawancara Letto memang mengakui jika karyanya punya makna tersebut. "Tidak ada lagu Letto yang tidak religi," kata Noe.

3 dari 6 halaman

3. Berdua - Duo Maia

Duo Maia juga pernah merilis lagu yang memiliki sisi religius. Namun lagu tersebut dibalut dengan aransemen pop rock, dan lirik yang tidak gamblang membicarakan religi.

Maia Estianty selaku pencipta lagu mengaku lagu Berdua terinspirasi dari salah satu ayat Al Quran. Lagu ini dirilis pada 2014 di bawah labelnya Le Moesiek Revole.

4 dari 6 halaman

4. Dealova - Once

Once Mekel membawakan lagu berjudul Dealova pada 2012 yang jadi OST film berjudul sama. Lagu tersebut diciptakan oleh Opick, yang selama ini dikenal dengan lagu religinya.

Mengamati liriknya memang multitafsir, tapi jika melihat siapa yang menciptakannya memang masuk akal jika lagu ini memuat unsur religi.

5 dari 6 halaman

5. Satu - Dewa 19

Terakhir masih dari nyanyian Once, kali ini bersama Dewa 19. Lagu Satu merupakan senandung yang penuh arti, dan diyakini merujuk kepada Tuhan YME.

"Tak ada yang lain, selain dirimu yang selalu kupuja. Kusebut namamu, di setiap hembusan nafasku, kusebut namamu," tanpa menyebut kata Tuhan Ahmad Dhani dkk mempersembahkan lagu yang bermakna dalam dan merasuk ke relung hati.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Nizar Zulmi
    Author
    Nizar Zulmi