Sukses

Celeb

Bjah Eks The Fly dan Kisah Masa Lalu Anak Band

Bintang.com, Jakarta Sejak menjadi anak band, tak bisa dipungkiri merasakan indahnya warna-warni, hingar-bingar dunia hiburan. Hal itu dirasakan beberapa anak band salah satunya Muhammad Hamzah atau dikenal Bjah eks The Fly yang sudah memutuskan untuk berhijrah.

Setelah merasakan manis pahitnya jagad hiburan Tanah Air. Kini, Bjah telah berhijrah dengan memulai karirnya sebagai marketing di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Ia rela memulai karirnya dari awal karena pria berkacamata dan memelihara jenggot ini sudah tak ingin melihat masa lalunya.

Dulu, Bjah mempunyai masa lalu yang kelam lantaran keseharian tak lepas dari minunan beralkohol. Tak hanya itu, pergaulan sebagai anak band juga terbilang bebas karena ia kerap merasakan hingar bingar dunia malam di kota besar Indonesia. "Emang bener dulu gua parah. Prinsip gua dulu, kalo masih bisa mabok ngapain sadar," ujar Bjah kepada KapanLagi.com saat ditemui di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur.

Selanjutnya, Bjah menceritakan masa lalunya bahwa dirinya menjadi pecandu alkohol sampai harus direhab beberapa kali. Bahkan, ia pertama kali masuk rehab tahun 1995 di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. "Saya empat kali rehab. Terakhir kemaren pas ketangkep itu. Emang badung saya," kata Bjah sembari berkelakar.

Tak hanya alkohol, Bjah juga pernah menggunakan narkoba. Bahkan, personel The Fly dan kerabat terdekatnya menyebut dirinya "edan" karena sangat parah kecanduan alkohol dan narkoba pada saat itu. "Saya nggak bisa terima tuh kalo ada kru saya nggak patuh sama saya. Kalo ada kru saya yang puasa, 'gua kasih lu duit tapi lu batalin puasa'," ujar Bjah eks The Fly.

2 dari 3 halaman

Masa Lalu Bjah dan si anak band

Sejak masih berkarir sebagai musisi, Bjah pernah ditangkap polisi karena menggunakan narkoba pada tahun 2013 silam. Bahkan, sebelum tertangkap narkoba, Bjah pernah dikabarkan berpacaran dengan Alm. Sukma Ayu yang putus pada awal tahun 2004 yang juga terkena kasus mesum sebelum Ayu meninggal.

Dari situlah, ia sering tersandung masalah karena ia gagal membina rumah tangga dengan Trindah Herlina yang juga harus kandas dan tak mampu bertahan kurang dari satu tahun. Lalu, ia menikah lagi dengan Nina Husnah pada tahun 2006 juga harus kandas pada tahun 2007.

Tak jauh berbeda dengan Bjah, Reza Noah juga pernah melakukan kesalah besar dalam hidupnya karena ia pernah merasakan minuman beralkohol dan berbuat dosa lainnya tanpa disadarinya

"Kesalahan terbesar saya waktu dulu itu saya suka minum alkohol terus. karena memang saya tuh sangat menyukai itu. Tapi, akhirnya saya bisa memutuskan untuk berhenti," ujar Reza eks Noah. "Namanya anak band, belum menikah. Ya, wajar saja jika dulu banyak (cewe) saya punya wanita dimana saja ada kayaknya deh. Tapi, ya sudah tobatlah saya, " kenang masa lalunya.

 

A post shared by saktah muslim wear (@saktah.co) on

Berbeda dengan Reza, Yukie pun tak mau menceritakan banyak tentang masa lalunya. Baginya jika banyak yang tahu tentang keburukan yang pernah dilakukannya. Orang lain akan merasa jijik dengan dirinya.

"Pasti ya kehidupan malam itu, main cewe dll. Tapi saya tidak mencoba drugs kok. Jadi ya sudahlah kalau mbaknya tahu kesalahan saya di masa lalu. Mungkin mbaknya akan jijik mengetahui saya," jelas Yukie sembari tertawa.

Derry Sulaiman juga tak bisa membicarakan masa lalunya. Baginya, itu bukanlah sesuatu yang harus dibicarakan lagi karena semuanya sudah masa lalu yang harus dilupakan dan mulai berhijrah kearah yang positif. "Intinya dulu itu saya punya kesalahan terbesar. Ya tidak melakukan ibadah wajib, seperti Solat 5 waktu dll lah. Tapi saya gak mau bahas terlalu dalam ya, karena itu sudah jadi bagian masa lalu. Dan saya sudah berhijrah dan ingin menutup semuanya," urai Derry.

Pengalaman dan masa lalu tak terlupakan sebelum berhijrah itu juga pernah dirasakan anak band lainnya seperti Sakti eks Sheila on 7, Sunu Matta Band, Teguh Permana vokalis Vageetos, dan Ray Syahreza vokalis Nine ball. Namun, mereka tak ingin membicarakan hal-hal tersebut. Namun, mereka membicarakan awal mula proses berhijrah.

3 dari 3 halaman

Konsisten anak band perdalam ilmu agama

Seiring berjalannya waktu, peristiwa demi peristiwa dirasakan oleh Bjah, ia mulai berpikir dan sadar ketika mengikuti kata hatinya. Bahkan, setelah memutuskan untuk mundur dari belantika musik Tanah Air, Bjah mulai berguru kepada ustaz yang mendulang ilmu hingga S3 di Mekkah dan Madinah. Nama guru Bjah tersebut ustaz Khalid Basamalah.

"Barulah saya sadar nih mas. Saya nuntut ilmunya Dari guru-guru saya seperti ust Khalid Basalamah," kata Bjah.

Begitupun dengan Reza eks Noah, ia menjelaskan dirinya selalu saja mengikuti kajian agama dimanapun dan kapanpun. Bahkan paling jauh Reza sempat belajar agama hingga ke beberapa negara. Dan nantinya ia akan pergi ke Amerika untuk memperdalam islam.

"Yah saya belajar kemana saja ya. Nantinya saya juga bakal pergi ke Amerika untuk memperdalam agama," kata Reza.

 

A post shared by ade parlin (@adeparlin) on

Sedangkan Yukie, ia ingin menebus semua dosanya dengan memilih berdakwa. Mungkin bukan seperti ustaz lainnya. Ia hanya berbagi pengalaman terhadap para penggemarmya tersebut.

"Jadi jika banyak yang bilang musik itu haram. Kalau menurut saya, tergantung penggunanya. Dan saya memilih musik untuk hal yang baik. Dengan bermusik,saya buka seperti meet n greet dengan penggemar di berbagai daerah demhan berbagi penggalaman saya dan saya mengajak untuk beritiqaf di masjid . Bukan seperti ustad, yang ceramah karena ilmu ya, saya hanya berbagi pengalaman," cerita Yukie.

"Bahkan saya sudah menyisihkan waktu saya dari Senin-Jumat untuk urusan agama. Sedangkan, Sabtu- Minggu untuk manggung bareng anak-anak Pas Band, " lanjutnya.

Tak beda jauh dengan Yukie, Derry Sulaiman pun menebus dosanya dengan berdakwah . Bahkan kini Derry sudah sering kali ceramah di depan banyak orang sehingga dirinya kini sudah dipanggil dengan sebutan ustaz.

Bagi Derry, dosa yang ia lakukan di masa lalu memang sangatlah besar, sehingga ia benar-benar ingin menebusnya dengan berhijrah yang sungguh-sungguh. "Saya sudah sisakan 1/3 hari saya untuk berdakwa di jalan Allah. Sisanya lagi ya untuk kehidupan dunia ya," ujarnya.

Tak berbeda yang dilakukan oleh Sakti eks Sheila on 7, ia lebih meninggalkan hal-hal yang sifatkan keduniawian. Pasalnya, ia selalu memprioritaskan urusan agama ketimbang dunia. Sama seperti yang dilakukan Sunu Matta Band, Teguh Permana vokalis Vageetos, dan Ray Syahreza vokalis Nine ball. Mereka bersyukur bisa berhijrah dan mereka berharap tetap selalu istiqomah di jalan yang lurus dan benar sesuai keyakinan agamanya. Selanjutnya: Anak Band dan Artis Rasakan Indahnya Berhijrah

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Syifa Ismalia
    Author
    Syifa Ismalia
  • Ade Kurniawan
    Editor
    Ade Kurniawan