Sukses

Celeb

Jadwal Padat, Narkoba atau Suntik Vitamin?

Bintang.com, Jakarta Tak sedikit orang yang menggelengkan kepala dengan aktivitas artis-artis yang tengah berada di puncak kariernya, seperti Raffi Ahmad. Bagaimana tidak, dari pagi sampai malam artis tersebut selalu tampil di berbagai acara televisi. Pertanyaan yang acap kali dilontarkan adalah, darimana datangnya tenaga untuk tetap memiliki vitalitas yang tinggi?

Raffi pernah merasakan bagaimana padatnya jadwal mengisi panggung. Seperti ketika sejak pagi buta wajahnya sudah bisa ditemukan di acara musik pagi hari, lalu siang, sore, dan malam hari pun suami Nagita Slavina ini tak kendur.

Lalu Ruben Onsu yang sekarang ini menjadi presenter papan atas negeri ini. Ia biasa keluar rumah di pagi hari karena acara yang digawanginya bersama Ayu Ting Ting dan Ivan Gunawan tayang live di siang harinya. Job presenter yang dilakoninya juga sampai malam hari.

 

Narkoba pun kadang kala menjadi pilihan buruk untuk dilakukan. Namun, tak sedikit dari para artis yang menggunakan narkoba sebagai penopang daya mereka dalam bekerja. Narkoba tersebut seolah menjadi pelarian dari artis-artis tersebut untuk sejenak menghilangkan tekanan demi tekanan dalam industri yang dilakoni.

Tak ditampik oleh Ruben Onsu. Menurutnya ketika ada tekanan yang begitu besar, Narkoba menjadi pilihan. "Biasanya kalau stres itu begitu. Tapi semuanya itu tergantung manusianya. Kalau dia maunya yang bener ya bener, kalau maunya begitu ya begitu (salah)," tutur Ruben Onsu.

Selain narkoba, beberapa treatment secara medis menjadi alternatif kedua. Banyak juga para artis yang memilih untuk melakukan suntik vitamin demi mempertahankan vitalitasnya. Secara medis, suntik vitamin ini bisa meningkatkan daya tahan seseorang terkait aktivitasnya yang luar biasa. Namun, tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan dari yang bersangkutan.

Seperti halnya Ruben yang menjalani hari-harinya dengan jadwal yang demikian beruntutan mengaku tak bisa leluasa bertemu dengan istri dan anaknya. Terkadang waktu-waktu jeda dari satu acara ke acara lainnya digunakan untuk bertemu dan menjalin kebersamaan.

Tak bisa dibayangkan tentunya bagaimana kesibukan yang dilakoninya tersebut. Namun, ketika disinggung tentang penggunaan narkoba ataupun suntik vitamin sebagai cara untuk merilekskan pikiran ataupun menjaga kesehatan, Ruben menolak tegas. "Kalau aku pilih shopping aja," tukas sahabat Raffi Ahmad seraya tertawa.

2 dari 3 halaman

Kasus Raffi Ahmad, Dikira Suplemen Nyatanya Narkoba

2013 silam, Sebuah rumah di kawasan Jalan Gunung Balong Kavling VII Nomor 16 I, Lebak Bulus, Jakarta Selatan didatangi oleh 6 mobil dengan pria berperawakan tegap. Kala itu, 4 selebritis tanah air digelandang dari rumah tersebut menuju Badan Narkotika Nasional (BNN). Rumah tersebut adalah kediaman Raffi Ahmad sementara keempatnya adalah Raffi, Wanda Hamidah, Irwansyah, dan Zaskia Sungkar.

Selanjutnya, hanya Raffi Ahmad yang terbukti positif menggunakan jenis zat yang dikelompokkan sebagai psikotropika. Sontak saja, Raffi Ahmad ketika itu menjadi bulan-bulanan media. Pemberitaan mengenai kasusnya begitu gencar, apalagi Raffi Ahmad mengaku tak mengetahui apa yang dikonsumsinya merupakan jenis obat terlarang.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Dr Kusman Suriakusumah, Kepala Deputi Rehabilitasi BNN, Raffi menggunakan barang haram itu sebagai rekresional (memakai narkoba untuk senang-senang). Raffi tak mengetahui bahwa barang tersebut memiliki tingkat adiksi yang sangat kuat.

Seperti yang dijelaskan National Institute on Drug Abuse, zat adiktif tersebut akan bekerja dalam waktu tiga hingga enam jam. Bagi orang yang mengkonsumsinya, ia akan merasakan peningkatan energi, euforia, kehangatan emosional, serta empati pada orang lain. Namun di sisi lain, dalam kasus Raffi ketika itu, cathinone disebut-sebut sebagai zat baru narkotika yang belum dicatat dalam hukum di Indonesia.

Menurut Kepala Humas BNN, Sumirat Dwiyanto, zat baru tersebut turunan dari cathinone yang tidak terdaftar dalam UU Narkotika Nomor 35 tahun 2009.Jika ditelusuri, cathinone sebenarnya banyak digunakan sebagai bahan psikoaktif juga banyak dijual sebagai salah satu jenis ekstasi. Raffi Ahmad pun akhirnya hanya menjalani rehabilitasi di Lido, Sukabumi.

Tora Sudiro dan istrinya, Mieke Amalia sempat pula menghebohkan publik. Mereka diamankan pihak berwajib di kediamannya. Bersamanya diamankan barang bukti obat bernama dumolid. Sebenarnya, jenis obat ini bukan termasuk dalam golongan narkotika namun dikelompokkan sebagai psikotropika.

Dengan obat ini, seseorang bisa mendapatkan efek yang menguntungkan diantaranya sebagai anti cemas, insomnia hilang. Namun tetap ada sisi buruknya yaitu adiksi. Tanpa kontrol dokter, jenis obat seperti ini dilarang dikonsumsi secara bebas.

3 dari 3 halaman

Jurus Ruben Onsu dan Artis Lain Melawan Letih

Dengan jadwal pekerjaan yang demikian ketatnya, seorang artis diharuskan untuk tidak pernah capek. Karenanya, menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat menjadi sebuah syarat utama bagi artis-artis yang berkeinginan untuk terus mendulang rupiah. Bicara menjaga kesehatan tentu saja ada cara instan dan alami.

Banyak klinik-klinik kesehatan yang menawarkan suntik vitamin sebagai cara untuk menjaga stamina.Tak sedikit artis-artis yang memilih cara ini sebagai cara cepat untuk mendapatkan hasil maksimal.Namun, tentu saja mereka tetap harus berkorban dari sisi biaya.

Olahraga menjadi cara lainnya. Sebut saja Tamara Bleszynski, Sophia Latjuba, Meriam Bellina, Yuni Shara, Ayu Azhari, Iis Dahlia, dan lainnya. Mereka juga tercatat merupakan artis-artis yang awet muda karena usianya sudah di atas 40 tahun namun masih cantik dan segar bugar.

Menjaga pola makan dengan teratur juga merupakan pilihan yang baik. Seperti halnya Ruben Onsu. Di usianya yang sudah kepala 3, aktivitasnya semakin banyak saja. Karenanya, Ruben memilih untuk menjaga pola makannya dengan sebaik-baiknya. Sering kali ia membawa bekal makanan sendiri dari rumah yang disiapkan oleh istrinya, Sarwendah.

 

"Jaga sehat, jaga pola makan aja. Kalau suntik vitamin yang terlalu sering juga gak baik. Dan dulu saya gak minum vitamin tablet. Sekarang mau gak mau harus minum. Karena kan usia saya udah gak 20-an, udah 30-an," ujarnya.

Ruben mengaku sempat kecolongan dengan kesehatannya beberapa waktu lalu. Ia harus dirawat karena kurang istirahat dan juga kurang asupan protein. Karenanya, setelah sakit yang dideritanya beberapa waktu lalu, Ruben mengatakan telah rajin melakukan cek up rutin.

"Ya harusnya saya melihat hal itu (kondisi tubuh). Keasikan kerja jadi kecolongan. Check up sekarang masih, 6 atau 7 bulan sekali. Usia kan udah 35 tahun ya, makanya harus general check up," imbuhnya.

Satu lagi jurus andalan yang selalu dipakai oleh sebagian besar pelaku dunia hiburan adalah memanfaatkan waktu senggang untuk istirahat. Seperti Ruben Onsu, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, dan lainnya yang kerap memilih tidur selama perjalanan menuju tempat acara. "Dimanfaatkan waktu luang untuk tidur, istirahat meskipun sekejap. Menjaganya sih di situ aja. Kalau ada waktu di perjalanan ke tempat berikutnya, tidur. Di mobil," tandas Ruben Onsu.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Anto Karibo
    Author
    Anto Karibo
  • Komarudin
    Editor
    Komarudin