Sukses

Celeb

Penuh Haru, Amoroso Katamsi Pemeran Soeharto Dimakamkan Secara Militer

Bintang.com, Jakarta Selain seniman, almarhum Amoroso Katamsi pemeran Soeharto juga diketahui sebagai purnawirawan TNI. Tak ayal, saat berpulang, suasana militer sangat kental terasa sepanjang prosesi pemakaman.

Sejak berada di rumah duka, belasan pasukan Angkatan Laut tampak berjaga-jaga di sekitar. Dari karangan bunga pun tampak ucapan belasungkawa yang datang dari beberapa petinggi Angkatan Laut. Dari dalam rumah duka, tampak peti jenazah almarhum Amoroso Katamsi yang sudah tertutup rapat dibalut dengan bendera merah putih.

 

Disamping itu, seusai disholatkan di mesjid Imam Bonjol yang tak jauh dari kediamannya, jenazah Amaroso Katamsi terlebih dahulu dilepas dengan upacara militer. Belasan, bahkan puluhan pasukan berseragam putih lengkap dengan senjata terlihat berbaris menjalani prosesi upacara penyerahan jenazah.

"Saya, atas nama keluarga almarhum menyerahkan jenazah Laksamana Satu Purnawirawan TNI Amoroso Katamsi kepada pemerintah untuk dimakamkan," ucap Aning Katamsi di pelataran mesjid Imam Bonjol, komplek AL Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018) siang.

 

"Saya atas nama pemerintah mengucapkan turut berbelasungkawa terhadap meninggalnya almarhum. Dengan diserahkannya jenazah dari keluarga ke pemerintah, maka kami akan segera memakamkan jenazah di TPU Pondok Labu, Jakarta Selatan," timpal Pemimpin Upacara penyerahan jenazah.

Setelah itu, jenazah pun diboyong menuju mobil ambulance dengan penghormatan terakhir dari para peserta upacara untuk diboyong ke Tempat Pemakaman Umum Pondok Labu.

 

Sampai di TPU Pondok Labu, setibanya jenazah di bibir pusara terakhirnya, upacara militer pun kembali berlangsung. Dalam prosesi tersebut, pimpinan upacara membacakan secara singkat riwayat hidup Almarhum Amoroso Katamsi dengan pangkat terakhir Laksamana Satu TNI Purnawirawan.

"Kami atas nama negara dan TNI, dgn ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa, raga, dan jasa-jasa almarnum Laksamana Satu TNI Purnawirawan Amoroso Katamsi yang telah meninggal demi kepentingan dan keluhuran bangsa pada tanggal 17 April 2018 di RS Mintoharjo, Jakarta Pusat karena sakit," ucap inspektur upacara.

 

Selesai pembacaan riwayat hidup, jenazah pun mulai diturunkan ke liang lahat. Layaknya upacara pemakaman secara militer, sebelum jenazah tertutup tanah, lagu Gugur Bunga pun berkumandang sampai pusara terakhirnya benar-benar tertutup tanah. Saat itu, suasana haru sangat kental terasa.

Seperti diketahui, Amoroso Katamsi pemeran Soeharto meninggal dunia dalam usia 79 tahun karena sakit komplikasi. Sebelum meninggal, ia sempat tak sadarkan diri selama tiga hari dan mendapat perawatan di Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta Pusat.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Rivan Yuristiawan
    Author
    Rivan Yuristiawan
  • Teddy Kurniawan
    Editor
    Teddy Kurniawan