Sukses

Celeb

Persembahan Terakhir Akting Amoroso Katamsi, Si Pemeran Soeharto

Bintang.com, Jakarta Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI menjadi fillm paling bersejarah bagi Amorosa Katamsi. Meskipun karirnya telah dimulai sejak 1976, namanya baru melejit setelah berperan sebagai Soeharto pada tahun 1984. Film ini dibuat berdasarkan pada versi peristiwa kudeta yang diakui oleh pemerintah Orde Baru Soeharto, di mana kudeta Gerakan 30 September didalangi oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, diproduseri oleh G. Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa. Diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp. 800 juta kala itu, film ini disponsori oleh pemerintahan Orde Baru Soeharto. Sejumlah pemain utama dalam film tersebut ada yang sudah dikenal luas dan ada pula yang masih baru.

 

Amoroso Katamsi pemeran Soeharto. Pria kelahiran 21 Oktober 1940 ini tiga kali memerankan sosok Pak Harto. Selain di film Penumpasan Pengkhiatan G 30 S PKI, Amoroso kembali berperan sebaga Pak Harto di film Djakarta 1966 (1988) dan Dibalik 98 (2015).

Di film Dibalik 98, Amoroso memerankan Soeharto saat akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden pada Mei 1998. Dan film ini ternyata menjadi film terakhir yang dibintangi Amoroso Katamsi.

Sebelum bermain di film G 30 S PKI, Amoroso Katamsi sudah pernah di sejumlah film layar lebar. Amoroso juga pernah menjadi ketua PARFI.

 

2 dari 3 halaman

Amoroso Katamsi Main Sinetron

Ia adalah suami dari penyanyi seriosa Indonesia, Pranawengrum Katamsi, ayah dari Aning Katamsi yang juga penyayi seriosa, dan Doddy Katamsi, vokalis band rock Elpamas. Selain akting, Amoroso Katamsi juga dikenal sebagai penyanyi seriosa. Namun beberapa tahun terakhir ini Amoroso lebih dikenal sebagai bintang sinetron dan tergabung dalam rumah produksi Sinemart.

Ia pernah bermain di Tukang Bubur Naik Haji The Series, Orang-Orang Kampung Duku dan Tuhan Beri Kami Cinta. Di usia yang sudah senja, Amoroso Katamsi membuktikan masih tetap eksis di dunia hiburan yang didominasi para bintang muda.

 

3 dari 3 halaman

Amoroso Katamsi Tutup Usia

Aktor senior, Amoroso Katamsi, meninggal dunia Selasa (17/4/2018) sekitar pukul 01.40 dini hari. Berdasarkan pesan singkat yang diterima Bintang.com, pemeran Soeharto di film G30S/PKI ini tutup usia di RSAL Mintohardjo, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kini, jenazah lelaki yang memulai karier di dunia seni peran sejak 1976 itu telah disemayamkan di rumah duka di Jl. Kamper, Kompleks AL Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Setelah disalatkan, almarhum Amoroso Katamsi rencananya akan dikebumikan selepas zuhur.

Kredit

  • Puput Puji Lestari
    Author
    Puput Puji Lestari