Sukses

Celeb

Aktris yang Pernah Diculik Korea Utara, Choi Eun Hee Meninggal dalam Usia 91 Tahun

Bintang.com, Jakarta Tak hanya Hollywood saja yang berduka dengan meninggalnya Harry Anderson, namun dunia hiburan Korea Selatan juga baru kehilangan aktris legendarisnya. Adalah Choi Eun Hee yang menghembuskan nafas terakhir dalam usia 91 tahun.

Seperti diwartakan Soompi, Choi Eun Hee meninggal pada Senin (16/4) sekitar pukul 5.30 sore waktu setempat. Sang putra sulung yang juga sutradara Shin Jung Gyun mengonfirmasi kepergian ibundanya.

"Dia meninggal dunia ketika dia berada di rumah sakit untuk menerima dialisis ginjal," ujar Shin Jung Gyun.

Sejak 2006, Choi Eun Hee memang sudah menjalani perawatan intensif terkait kondisi kesehatannya. Sebagaimana diketahui, kesehatan Choi Eun Hee menurun sejak kepergian suaminya, Shin Sang Ok, pada 11 April 2006.

Meninggalnya Choi Eun Hee memang menyisakan duka mendalam untuk keluarga, kerabat serta para penggemar. Rencananya, jenazah Choi Eun Hee akan dikebumikan pada Kamis, 19 April 2018 di lokasi yang dirahasiakan.

1 dari 3 halaman

Sosok Choi En Hee

Choi Eun Hee mengawali kariernya sejak 1942 silam dengan bermain di Youth Theater. Sepanjang hidupnya, Cho Eun Hee telah membintangi serta menyutradarai sekitar 130 film layar lebar.

Ia pun telah dinobatkan dalam berbagai penghargaan film seperti Aktris Terbaik di Buil Film Awards 1959, 1962 dan 1966, lalu Aktris Terbaik di Moscow International Film Festival 1985. Di usianya yang semakin lanjut, Choi Eun Hee sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Awards.

2 dari 3 halaman

Pernah diculik Korea Utara

Sekitar tahun 1978 silam, Choi Eun Hee dan suaminya, Shin Sang Ok pernah diculik oleh Korea Utara. Lantas, pasangan ini diminta membuat sekitar 17 film atas perintah pemimpin Korea Utara Kim Jong Il.

Setelah satu dekade berada di Korea Utara, Choi Eun Hee dan Shin Sang Ok pun melarikan diri dan mencari suaka politik di Kedutaan Besar AS dalam perjalanan ke Wina pada tahun 1986. Akhirnya, pasangan ini pun dapat kembali ke Korea Selatan pada tahun 1999.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Regina Novanda
    Author
    Regina Novanda