Sukses

Celeb

Kontroversi Kartika Putri Pakai Cadar di Bandara

Bintang.com, Jakarta Kartika Putri kembali menjadi perbincangan publik. Bukan mengenai pekerjaannya, namun tentang dirinya yang curhat karena merasa diintimidasi pihak bandara.

Melalui akun instagram miliknya pada Selasa (14/3/2018), Kartika Putri mengunggah foto dirinya yang menggunakan niqab atau cadar berwarna abu. Wanita 27 tahun itu pun menceritakan bahwa ia baru saja mendapatkan kejadian tak enak dari pihak bandara.

Perlakuan tidak enaknya adalah saat barang miliknya diperiksa (melalui x-ray). Kartika Putri menduga hal tersebut dilakukan pihak bandara dikarenakan dirinya yang kala itu menggunakan niqab (cadar).

"Lalu saya bertanya kenapa random cuma saya padahal koper saya kosong. Saya bilang apa karena saya pakai cadar (masih tenang)dan mereka cuma bilang random saja. Dan saya buka tetapi pandangan mereka sangat tidak enak," tulis Kartika Putri.

Tak sampai disitu, Kartika Putri pun kembali dipersulit dengan drinya yang harus diperiksa lagi (menggunakan metal detector dan manual). Padahal sebelumnya, ia merasa tak ada tanda-tanda dirinya melanggar peraturan bandara.

"Dipemeriksaan ke dua terjadi hal yang sama bahkan di diperiksa tubuhnya(oleh petugas wanita memang) padahal saya lolos sensor lagi dan lagi koper dan mereka meminta boarding pass padahal sudah diperiksa 1x didepan," ceritanya.

Kejadian Kartika Putri ini pun menjadi pro kontra dikalangan masyarakat.

2 dari 3 halaman

Warganet pro pada Kartika Putri

Banyak warganet yang setuju dengan pendapat Kartika Putri dan menganggap adanya ketidak adilan dengan wanita yang menggunakan niqab. Tak hanya itu ada juga yang memberikan semangat pada Kartika Putri.

"Masya Allah kakak. Terharu bacanya kakak. Lanjut saja kakak. Sabar saja. Berniqab bukan kriminal. Aneh saja takutnya sampai segitu," ujar akun delviaderita

"Ya memang begitulah mba kartika nasibnya kalau wanita bercadar selalu dicurigai teroris apalagi kalau dibandara, lagi jalan kaki disebut ninja, tenang mba itu justru cobaan yang berbuah pahala kalo kita sabar. Mudah-mudahan mba kartika terus semangat menuntut ilmu syar'i dan selalu berada di atas jalan yang haq," timpal akun kayyisahmia.

3 dari 3 halaman

Kontra dengan Kartika Putri

Meski banyak yang pro, tak sedikit pula warganet yang kontra dengan pendapat Kartika Putri. Banyak yang menyangka Kartika Putri terlalu berfikiran negatif kepada orang lain.

"Ya seharusnya berpikiran positif saja itukan bandara hilir mudik orang-orang dari berbagai penjuru wajarlah kalau pemeriksaan ketat ya, kalau memang niat kita berpenampilan bercadar karna Allah ya ga usah marah di periksa kan. Mungkin sekarang ada banyak orang berpenampilan dan berkedok atas nama agama tapi niatnya buruk," tulis akun lunaandjhani_

"Jangan suka bicara di media kak Kartika Putri, selesaikan langsung di tempat perkara. Kecewa boleh,tapi membeberkan sesuatu yang bisa membuat orang lain berfikiran negative kan tidak baik, apalagi kalau ternyata bukan, kan menjadi fitnah, mari saling intropeksi diri kak. Memang jadi baik itu ada saja tantangannya. Semoga tetap istiqomah ya kak. Dan mulailah bertindak di jalurnya saja jangan melenceng seperti ini," ungkap akun kesyasaputra21

Kredit

  • Syifa Ismalia
    Author
    Syifa Ismalia
  • Teddy Kurniawan
    Editor
    Teddy Kurniawan