Sukses

Celeb

Diprediksi Gagal, 6 Film Ini Justru Sukses Besar

Bintang.com, Jakarta Memprediksi atau memperkirakan berhasil atau tidaknya sebuah film memang bukan pekerjaan mudah. Para produser kelas kakap di Hollywood pun rasanya tak punya rumus pasti kalau film yang mereka produksi pasti akan sukses.

Ada sejumlah film yang diperkirakan sukses dengan memasang pemain-pemain terkenal, sutradara ternama, penulis cerita berkualitas dan diproduksi perusahaan film terkemuka. Tapi begitu dirilis, film tersebut ternyata gagal total atau mendapat sambutan biasa-biasa saja.

Toy Story . Foto: THR

Kalau pun meraih keuntungan tapi tak sesuai yang diharapkan. Ada juga film yang sudah diprediksi tidak akan menuai banyak keuntungan ternyata hasilnya tidak jauh meleset, biasanya ini merupakan film-film berbujet rendah dan lebih mengutamakan diputar di berbagai ajang festival.

Di sisi lain, ada juga film yang banyak diprediksi akan gagal atau tak akan ditonton banyak orang ternyata bisa menuai sukses atau bahkan mendapatkan keuntungan luar biasa. Beberapa film dari studio besar atau major studio pun pernah mengalami hal seperti itu.

Ada film yang dibuat dengan bujet tapi dianggap membosankan oleh para kritikus tapi ternyata mampu mendatangkan banyak penonton atau jadi box office. Berikut ini ada enam dari sejumlah film produksi major studio yang awalnya diperkirakan akan gagal tapi ternyata bisa sukses dan meraih banyak untung.

2 dari 7 halaman

1. Trilogi The Lord of the Rings

2004 -

Sebelum dirilis, The Lord of the Rings banyak diprediksi tak akan sukses karena diadaptasi dari buku yang dinilai tak terlalu menarik. Keputusan sutradara Peter Jackson dan pihak New Line Cinema untuk langsung membuat trilogi juga dianggap terlalu berani. Tapi begitu film pertamanya dirilis pada 2001, The Lord of the Rings ternyata sukses besar, menjadi box office sekaligus mendapat banyak pujian dan meraih banyak penghargaan.

Dengan bujet 280 juta dolar AS, trilogi Lord of the Rings meraih pemasukan 2,9 miliar dolar AS! Seri film ini juga meraih banyak penghargaan dengan meraih 17 piala dari 30 nominasi di ajang Oscar.

3 dari 7 halaman

2. The Sixth Sense

Film The Sixth Sense. foto: movpins.com

Karya-karya M. Night Shyamalan memang kerap banyak dikiritik karena selalu menampilkan alur cerita yang aneh dan tak biasa bagi penonton awam. Secara komersil juga tak banyak film-film sineas berdarah India itu yang sukses atau jadi box office. Tapi ada satu filmnya yang paling sukses dan melambungkan namanya di dunia perfilman.

Adalah The Sixth Sense (1999) yang meraih sukses luar biasa meski awalnya diprediksi tak akan diminati banyak orang. Dengan bujet hanya 40 juta dolar AS, film yang dibintangi Bruce Willis ini meraih pemasukan 672 juta dolar AS! The Sixth Sense juga meraih banyak penghargaan termasuk enam nominasi di ajang Oscar.

4 dari 7 halaman

3. The Dark Knight

Batman dalam film The Dark Knight. (Warner Bros)

Mengadaptasi tokoh komik ke layar lebar memang bukan hal mudah. Begitu juga dengan Christopher Nolan yang mengawali trilogi Batman dengan Batman Begins. Saat akan merilis seri keduanya, The Dark Knight, banyak yang mengira tak akan berhasil atau tak bisa menandingi film pertamanya karena dianggap terlalu ‘dark’. Namun begitu dirilis pada 2008, film yang dibintangi Christian Bale ini sukses besar dan melebihi pencapaian film pertamanya.

The Dark Knight meraih pemasukan 1 miliar dolar AS (bujet 185 juta dolar AS), menjadikannya salah satu film superhero terlaris. Film ini juga meraih banyak penghargaan dan disebut-sebut sebagai film superhero terbaik sepanjang masa. The Dark Knight juga meraih dua piala Oscar termasuk untuk mendiang Heath Ledger yang berperan sebagai Joker.

5 dari 7 halaman

4. The Blues Brothers

The Blues Brothers / asset 1

Film komedi musikal The Blues Brothers banyak dipandang sebelah mata saat dirilis pada 1980. Menggabungkan unsur komedi dengan musik dinilai bukan hal yang menarik dan populer. Diperkuat sejumlah komedian jebolan Saturday Night Live (SNL) dan beberapa musisi terkenal, film yang dibintangi Dan Aykord dan John Belushi ini ternyata sukses besar.

Dengan bujet 30 juta dolar AS, The Blues Brothers meraih penghasilan 115 juta dolar AS dan dianggap sebagai salah satu film musikal terpopuler sepanjang masa.

6 dari 7 halaman

5. Cast Away

Tom Hanks lahir pada 9 Juli 1956. Dengan peran memukaunya di film ‘Forrest Gump’, ‘Apollo 13’, ‘Cast Away’, ‘Big’ dan sederet film lainnya, aktor senior ini menjadi salah satu aktor terbaik yang pernah merambah layar lebar. (Bintang/EPA)

Siapa yang ingin menyaksikan yang hampir seluruh durasinya hanya menampilkan satu aktor saja dengan penampilan yang lusuh. Meski dibintangi aktor kawakan Tom Hanks, Cast Away yang dibesut Robert Zemeckis, dianggap akan gagal karena menceritakan seorang kurir yang mengalami kecelakaan pesawat di sebuah pulau terpencil dan hanya dia yang masih hidup.

Saat dirilis pada Desember 2000, Cast Away ternyata mendapat sambutan bagus dan menjadi box office. Dengan bujet 90 juta dolar AS, Cast Away meraih pemasukan 429 juta dolar AS.

7 dari 7 halaman

6. Toy Story 3

Petinggi studio Pixar sudah memiliki gambaran mengenai konsep Toy Story 4 yang tak melanjutkan tiga film sebelumnya.

Tak banyak film animasi yang dibuat sampai seri ketiga dan meraih sukses. Begitu juga dengan Toy Story 3 produksi Pixar dan Disney yang dinilai tak akan sesukses dua film sebelumnya. Tapi nyatanya, Toy Story yang berbujet 200 juta dolar AS saat dirilis pada Juni 2010 meraih pemasukan 1 miliar dolar AS!

Toy Story 3 jadi film terlaris dunia di 2010 dan masih menjadi film terlaris Pixar sampai saat ini. Film yang menampilkan suara Tom Hanks dan Tim Allen ini meraih banyak penghargaan termasuk dua piala di ajang Oscar 2011.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens