Sukses

Celeb

Trio Lestari Dukung Sosialisasi Indonesia Raya 3 Stanza

Bintang.com, Jakarta Trio Lestari yang terdiri dari Glenn Fredly, Sandy Sandoro, dan Tompi, ikut terpanggil untuk membantu pemerintah mensosialisasikan lagu Indonesia Raya versi lengkap atau 3 stanza kepada publik, terutama generasi muda. Sebagaimana diketahui, selama ini, lagu Indonesia Raya hanya dinyanyikan 1 stanza.

Sementara, Wage Rudolf Supratman, selaku sang pencipta, menulis lagu Indonesia Raya dalam 3 bait atau 3 stanza.Pemerintah, dalam hal ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan belum lama ini mulai mengenalkan dan berharap siswa sekolah bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya secara utuh, yakni 3 stanza saat upacara bendera.

Glenn Fredly dan Trio Lestari tentang Indonesia Raya 3 Stanza (Deki Prayoga/Bintang.com)

Bahkan untuk mempopulerkan lagu Indonesia Raya 3 Stanza, Kemendikbud telah membuat Lagu Indonesia Raya 1 stanza dan 3 stanza yang direkam dalam lima versi yakni versi unisono, iringan piano, orkes simfoni, fanfare serta harmoni. Rencananya rekaman tersebut mulai diluncurkan pada 28 Oktober 2017 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.

Glenn Fredly berharap melalui penerapan lagu Indonesia Raya 3 stanza ini, bisa menjadi pemicu masyarakat agar lebih mengenal sejarah negerinya. "Saya bilang ini sebagai pemicu membuka sejarah, terutama dari lagu kebangsaan. Karena lagu kebangsaan kan jadi part utama buat jati diri atau representasi Indonesia di dunia. Jadi penting untuk disosialisasikan," kata Glenn Fredly belum lama ini.

Pun halnya dengan Tompi. Dia juga berharap dengan mengenal dan menghayati lagu Indonesia Raya 3 stanza, diharap bisa menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri masyarakat.

"Ini salah satu cara membangkitkan kecintaan terhadap tanah air," kata Tompi, salah satu personel Trio Lestari yang dikenal suka menyampaikan kritik terhadap fenomena sosial dan politik lewat lirik dan potret.

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Dadan Eka Permana
    Author
    Dadan Eka Permana
  • Nizar Zulmi
    Editor
    Nizar Zulmi